Muncul 3 Titik Api Baru, Separo Hutan di Arjuno Menghitam

0
398
Sejumlah relawan menyusuri areal perbukitan di Kawasan Arjuno.

Pasuruan (wartabromo.com) – Hingga pukul 14.00 WIB, dilaporkan muncul tiga titik api baru di kawasan Taman Hutan Raya R. Soerjo di pegunungan Arjuno, Kabupaten Pasuruan, Selasa (15/10/2018). Tiga titik api tersebut di antaranya tersebar di Pusuk Lincing, Kedung Ombo, dan bagian tengah Arjuno, tepatnya di atas Bulak.

“Pucuk Lincing dan Kedung Ombo diketahui muncul malam hari, sedangkan yang di atas Bulak, baru ditemukan pukul 10.00 WIB tadi,” terang Sudiono, salah seorang relawan.

Ia juga menambahkan, hingga saat ini separuh hutan di Gunung Arjuno sudah terbakar. Para relawan dan survivor khawatir jika tak ditangani secara serius, bisa saja api dapat melalap habis seluruh kawasan hutan. Oleh sebab itu, mereka mendesak agar pihak Perhutani maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan turut membantu dalam upaya pemadaman api.

Ditanya perihal penyebab kebakaran, para relawan masih belum bisa memberikan keterangan secara pasti karena belum ada penyelidikan lebih lanjut.

“Kami menduga kebakaran ini dilakukan secara sengaja karena kami menemukan beberapa (kaleng) baygon di beberapa titik,” ucap Sudiono.

Cuaca yang begitu terik, turut menyebabkan kawasan hutan Gunung Arjuno mudah tersulut api. Sudiono berasumsi bahwa kebakaran tidak mungkin terjadi akibat gesekan antar pohon, karena di kawasan tersebut memang jarang sekali terdapat pohon besar. (trp/ono)