5.612 Warga Tak Miliki KTP-el, Ini Cara Capil Kota Pasuruan Menanganinya

0
324
Arfat, Kabid Pelayanan Kependudukan Dispendukcapil Kota Pasuruan. Foto: Salsabelah Cahyani.

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Pasuruan pastikan akan berupaya ‘menjaring’ warga tak punya KTP-elektronik (KTP-el). Salah satu diantaranya pelayanan perekaman KTP-el menggunakan mobil keliling.

Mengurangi jumlah warga yang tak memiliki KTP-el yang mencapai 5.612, Dukcapil telah menyediakan beberapa layanan bagi masyarakat Kota Pasuruan.

“Sekarang kita menggandeng RW setempat untuk melakukan pendataan,” jelas Arfat, Kabid Pelayanan Kependudukan, Selasa (16/10/2018).

Menurutnya, dengan pendataan itu, akan memepermudah mengumpulkan warga yang belum mempunyai KTP-el. Nantinya petugas Dukcapil akan datang untuk melakukan perekaman.

Selain tingkat RW, Dukcapil juga sasar 34 Kelurahan yang ada di Kota Pasuruan. Semua didatangi secara bergiliran, dengan harapan semua warga dapat memproses pembuatan KTP-el dengan mudah.

“Salah satunya, seperti RW di Kecamatan Sekargadung, masih ada sekitar 50 orang yang belum punya KTP-el,” ungkapnya.

Layanan bersifat jemput bola itu juga dilakukan berupa menyiapkan mobil keliling, agar layanan kependudukan dapat terus dilakukan.
Ditambahkan kemudian, 2 minggu belakangan, sudah dilakukan perekaman baru sekitar 300 orang.

Ia menargetkan, setengah dari jumlah warga yang tak punya KTP-el dan masih berada di Kota Pasuruan akan segera ‘terjaring’. Terlebih, menjelang Pemilu tahun 2019 mendatang, KTP-el memiliki peran sebagai syarat untuk menggunakan hak pilih.

“Kemarin, Senin (15/10/2018), kita juga mendatangi Lapas Kota Pasuruan untuk mendata para waga binaan,” pungkasnya. (trl/ono)