Kebakaran Arjuno, Muncul Titik Api Baru di Kawasan Banyu Kuning

0
313
Api melahap sebagian hutan Gunung Arjuno.

Pasuruan (wartabromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo Gunung Arjuno masih belum pada. Bahkan api merembet ke Banyu Kuning.

“Yang sebelumnya sudah padam. Tapi sekarang pindah ke Banyu Kuning yang sejak semalam muncul dan siang ini makin membesar,” terang Sudiono, salah seorang relawan dari Komunitas Pencinta Lingkungan Satu Daun.

Beruntung, titik-titik api yang sebelumya muncul seperti di Pusuk Lincing, Kedung Ombo, serta di wilayah sebelah atas Bulak, telah berhasil dipadamkan.

Akibat kebakaran ini, sejak Selasa (16/10/2018) semua pos pendakian ditutup untuk sementara waktu. Namun hingga saat ini, belum diketahui penyebab pasti kebakaran hutan ini.

“Sampai saat ini kami masih menerka penyebabnya karena memang belum ada penyelidikan serius yang dilakukan pihak terkait,” tutur Sudiono.

Kawasan Tahura merupakan sebuah kawasan pelestarian alam yang terdiri dari hutan lindung dan cagar alam. Kawasan ini meliputi beberapa kawasan hutan yang berada di dalam kelompok Gunung Arjuno-Lalijiwo di sebagian wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu. (trp/may)