Duga ada Kesengajaan, Kebakaran Gunung Bentar Capai 3 Ha

0
221
Api melahap sedikitnya 3 hektar hutan dan lahan (karhutla) Gunung Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Gunung Bentar, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, mencapai 3 hektar. Kuat dugaan kebakaran itu dilakukan oleh pihak tak bertanggungjawab.

Karhutla di petak 22C kawasan hutan Gunung Bentar, lahan yang terbakar hanya sekitar 3 hektar. Dari total keseluruhan 13 hektar luas lahan di petak 22C. Sulitnya akses, membuat unit damkar atau kendaraan tangki air tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran.

Upaya pemadaman dilakukan anggota TNI dan Polhut pun menggunakan alat seadanya. Setidaknya, upaya dilakukan untuk memutus jalur api di lokasi yang terbakar. “Tapi kencangnya angin dan peralatan seadanya, membuat kami kuwalahan. Api jadi sulit dijinakkan,” kata anggota Polhut Perhutani, Rasyim, Kamis (18/10/2018).

Dugaan sementara, kebakaran di hutan lindung itu diduga karena sengaja dibakar. Sebab, dalam catatan, hutan Gunung Bentar terbakar tiap tahun. Meski kondisi di lokasi, memang sangat panas dan kering, jika tidak ada api yang besar, dikatakan, tidak mungkin terjadi kebakaran.

Mengukur kemungkinan ada unsur kesengajaan, salah satu petugas TNI, sempat melakukan percobaan, dengan membuang puntung rokok menyala. Setelah beberapa lama, puntung rokok yang masih menyala tersebut, ternyata padam. Kuat dugaan, kebakaran terjadi karena ada yang sengaja membakar.
Sebab tiap tahun, lahan tersebut selalu meranggas. Jika dibakar, maka abu sisa pembakaran menjadi pupuk dan menumbuhkan rumput – rumput di wilayah tersebut.

“Kita belum tahu, bisa karena alam atau sengaja dibakar. Karena itu bagi masyarakat kalau membuang puntung rokok atau membakar, ya jangan di kawasan hutan,” kata Danramil Gending Kapten (inf) Asto K.A. (lai/saw)