Begini Penjelasannya Paramedis Soal Sunat Jin

3862

Probolinggo (wartabromo.com) – Adanya dugaan sunat jin pada kasus Fugo Ardiansyah dibantah oleh paramedis. Dalam ilmu kesehatan, kasus yang menimpa bocah berusia 4 tahun itu disebut Parafimosis.

Menurut Kasi Pelayanan Medis RSUD Dr. Saleh Kota Probolinggo, Jawa Timur, Agus Tri Wahyudi, kasus yang menimpa Fugo bukan karena hal gaib. Sebab kasua itu susah biasa dan bisa dijelaskan dalam ilmu kesehatan. Dalam kasus itu, kepala penis tertarik ke arah belakang. Hingga menyebabkan nampak seperti terkelupas, seperti hasil sunat.

“Jadi dalam dunia medis sebenarnya tidak ada yang namanya sunat ghaib itu. Itu dalam ilmu kesehatan lebih dikenal dengan parafimosis. Dimana kulit kulup tertarik ke belakang, seolah-olah seperti di khitan,” ujar Agus, Jumat (19/10/2018).

Baca Juga :   Persekabpas Bakal Arungi Liga 3 Jatim, Simak Jadwal Tandingnya

Agus mengatakan Parafimosis ini, dapat tampak berkerut dan tidak wajar. Namun juga bisa nampak begitu rapi, sehingga mungkin terlihat seperti sunat. Tapi hal itu sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan pembengkakan. Sebab pembengkakan itu, mempunyai efek jepitan pada area batang penis.

“Berbahaya jika dibiarkan. Saran saya, sebaiknya segera ditangani. Lebih baik dibawa ke fasilitas kesehatan atau dokter,” saran Agus.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, warga Gang Pelita 2, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, dikejutkan dengan fenomena sunat ghaib. Terjadi pada seorang bocah berusia 4 tahun, yakni Fugo Ardiansyah.

Diketahui, kulit kepala atau kulup penis Fugo tiba-tiba berubah, seperti usai disunat. Padahal anak tersebut, belum sunat. Warga menyangka hal itu karena ulah jin atau makhluk halus. (lai/saw)