Diduga Dibuang, Bayi Laki-laki Menangis di Depan Rumah Warga Kertosari

1068

Purwosari (wartabromo.com) – Bayi laki-laki ditemukan berada di depan pintu rumah seorang warga di Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Belum diketahui motif dugaan pembuangan bayi oleh orangtuanya itu.

Bayi diperkirakan berusia sebulan, dijumpai menangis, kenakan pakaian lengkap dan dibalut kain jarik, sekitar pukul 01.30 WIB, tepat di depan pintu rumah di Dusun Sumbersuko RT 1/RW 5, Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Senin dinihari (22/10/2018).

“Kami kaget kok ada suara bayi nangis. Kami cari, ternyata ada di pintu rumah,” ujar Nurhadi (47), penemu bayi.

Karuan saja, temuan itu membuat warga geger. Beberapa warga sekitar pun mendatangi Nurhadi, yang kala itu tengah menggendong si bayi.

Dengan persetujuan perangkat desa dan warga lain, bayi nahas itu kemudian dibawa ke Puskesmas Purwosari. Sementara, perangkat desa juga melaporkan kejadian ini ke petugas Polsek Purwosari.

Dari pemeriksaan tim medis, bayi dalam kondisi terbilang sehat, memiliki berat sekitar 3 kilogram dan panjang diperkirakan 47 sentimeter.

Bayi laki-laki itu, kini masih berada di Puskesmas Purwosari, di bawah pengawasan pihak kepolisian. Sampai saat ini polisi juga masih mencari tahu siapa nama kedua orangtuanya. Selain itu, hal utama yang jadi perhatian polisi adalah pelaku, dugaan pembuangan bayi sampai terlantar di depan rumah warga Dusun Sumbersuko itu.

“Masih penyelidikan. Motifnya belum kami ketahui,” kata Iptu Ainung Ponco, Kanitreskrim Polsek Purwosari. (sbi/ono)