Samsat Kraksaan “Diserbu” Warga, Ada Apa?

0
332
Warga berdesakan antri membayar pajak kendaraan miliknya di kantor Samsat Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Senin (22/10/2018). Sedikitnya 500 warga membayar pajak, memanfaatkan kebijakan pemerintah pajak kendaraan.

Probolinggo (wartabromo.com) – Kantor Samsat Bersama Kraksaan Kabupaten Probolinggo, beberapa waktu terakhir diserbu wajib pajak. Sedikitnya 500 warga setiap hari datang membayar pajak kendaraannya.

Masa pemutihan pajak dimanfaatkan betul oleh warga Kabupaten Probolinggo. Seperti yang terlihat Kantor Samsat Bersama Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Senin (22/10/2018).

Sejak digulirkan pada 24 September lalu, progam layanan pemutihan pajak kendaraan bermotor dan gratis biaya balik nama kendaraan, diserbu wajib pajak. Mereka memanfaatkan bebas denda administrasi yang diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Cukup membantu bagi kami. Ya berat kalau masih membayar dengan dendanya. Makanya saya langsung balik nama kendaraan saya yang sudah telat 2 tahun,” kata Anita Mega Arizanty, salah satu wajib pajak.

Rata-rata dalam sehari ada 500 wajib pajak datang ke kantor yang berlokasi di Desa Sumber Lele, Kecamatan Kraksaan itu. Bahkan terkadang mencapai diangka 1.000 wajib pajak. Padahal, sebelum ada program itu, hanya berkisar diangka 200 wajib pajak saja. Artinya kenaikannya bisa mencapai 5 kali lipat atau lebih.

“Wajib pajak sangat antusias untuk memanfaatkan program ini. Sebab, denda administrasi bagi wajib pajak yang terlambat membayar pajak tahunan dibebaskan. Itu terlihat dari antrian di ruang tunggu maupun yang di loket drive thru,” kata Kanit Registrasi dan Identifikasi (KRI) Satlantas Probolinggo, Ipda. Marjono.

Animo masyaralat untuk memanfaatkan progarm itu, diprediksi akan semakin meningkat. Utamanya 2 pekan sebelum program habis pada 15 Desember nanti. Apalagi pihaknya tidak membatasi pendaftaran bagi wajib pajak yang akan melakukan pembayaran hari ini.

“Semua wajib pajak yang hadir hari ini, akan dilayani sampai tuntas. Yang penting segala persyaratan dilengkapi oleh wajib pajak. Cukup mudah dan cepat,” tandas perwira dengan 1 strip di pundak itu. (saw/saw)