TNI Ulang Tahun, Warga Pasuruan Naik Tank

244
Naik Tank - Puluhan warga bersorak gembira saat naik Tank milik TNI, Jum'at (5/10/2012)

Grati (wartabromo) – Puluhan warga dari berbagai Desa di wilayah Grati dan Nguling langsung naik ke atas kendaraan lapis baja milik TNI di Halaman Makolatmar Grati Pasuruan, Jum’at (5/10/2012).

Tanpa sungkan dan rasa takut warga naik bahkan duduk-duduk dengan santai di atas kendaraan jenis Tank yang diparkir berjejer pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-67, hari ini.

Mereka adalah para petani yang tinggal di Desa Watuprapat, Sumberanyar dan daerah sekitar yang ingin menyaksikan dari dekat kendaraan lapis baja milik TNI-AL tersebut.

Sorak-sorai warga pun terdengar ketika mereka bisa berada di atas Tank dan bergurau dengan teman-temannya, seolah-olah mereka bisa menaklukkan kendaraan yang selama ini dianggapnya garang dan menakutkan tersebut.

“Senang mas, ini kendaraan yang selama ini digunakan untuk latihan,” ujar Khoirul, Salah seorang warga Watuprapat pada wartabromo.com sambil cangkruk’an di atas Tank.

Tak hanya Khoirul dan puluhan warga lainnya, sejumlah pelajar dari SMP Dan SMA Grati bahkan nekad masuk kedalam ruang kendali untuk melihat dari dekat cara kerja dan operasional kendaraan berat tersebut.

“Ini baru pertama kalinya mas, bisa lihat dalamnya Tank,” ujar Muhammad Salman Kharis, Pelajar asal Grati.

Dalam rangka peringatan HUT TNI yang Ke-67 yang jatuh hari ini, pihak marinir TNI-AL sengaja mengajak warga maupun pelajar untuk bisa melihat dari dekat kendaraan tempur yang dimiliki oleh TNI.

Komandan Komando Latihan Tempur, Kolonel Marinir Amir Faishol menjelaskan, TNI terlahir dari rakyat sehingga diharapkan lebih mengedepankan pendekatan persuasif dan pendekatan sosial dalam menangani segala permasalahan yang muncul yakni melalui jalur Musyawarah.

“Yang paling penting, dicintai dan mencintai rakyat. Karena keberadaan kita adalah bagian dari rakyat,”ujarnya saat ditemui usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT TNI ke-67 di Halaman Makolatmar, Grati yang diikuti oleh kalangan TNI dan pejabat muspida Kota dan Kabupaten Pasuruan.(yog/yog)