Jelang Lebaran, 1500 Guru Ngaji Kota Pasuruan Dapat Jatah Honor

554

gPasuruan (wartabromo) – Menjelang lebaran, Sebanyak 1500 orang guru ngaji dan pengajar agama di Kota Pasuruan mendapatkan honor bulanan dari Pemkot Pasuruan. Honor tersebut diberikan melalui bagian administrasi dan kesejahteraan rakyat secara bergiliran kepada para guru ngaji yang tersebar di 4 Kecamatan Di Kota Pasuruan.

Menurut Kabag administrasi dan Kesejahteraan rakyat, Achsanul Basri, pemberiaan honor tersebut dilakukan setiap 6 bulan sekali kepada para guru ngaji baik muslim dan muslim di Kota Pasuruan.

“Pemberian ini dilakukan setiap enam bulan sekali, kebetulan sekarang pas menjelang lebaran,” ujar Basri pada wartabromo, Jum’at (2/8/2013)

Dijelaskannya, para guru ngaji dan pengajar agama tersebut mendapatkan honor total sebanyak Rp. 600. 000 namun setelah dipotong pajak, para guru non formal yang tersebar di surau, mushollah dan tempat ibadah lainnya hanya mendapatkan Rp.582.000.

Baca Juga :   Terjadi 18 Kali Gempa Vulkanik di Gunung Arjuno-Welirang Selama 2015

“Ya, karena dipotong pajak sebesar 18 ribu rupiah,” jelasnya.

Samsul Arifin, salah seorang guru ngaji asal Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan mengaku sangat senang mendapatkan honor tersebut terutama disaat menjelang lebaran. Ia berencana akan menggunakannya untuk keperluan belanja lebaran keluarganya.

“Alhamdulillah mas, buat belanja lebaran,”katanya tersenyum.

Untuk tahun selanjutnya, Pihak Pemkot Pasuruan berencana akan membagikan honor para guru ngaji dan pengajar agama tersebut setiap tiga bulan sekali.

“Tahun depan, insyaallah kita bagi setiap 3 bulan sekali,”pungkas Basri. (yog/yog)