Hore! Warga Tosari Punya Perpustakaan

0
318
Warga Tosari memanfaatkan kunjungan wisatawan Gunung Bromo dengan menjual aneka bentuk bunga edewise/G Arif Subagyo

Tosari (wartabromo) – Mimpi masyarakat Tosari untuk memiliki sebuah perpustakaan akhirnya terwujud. Sebuah perpustakaan umum didirikan di wilayah paling ujung Kabupaten Pasuruan ini.

Perpustakaan tersebut dibangun dengan dana APBD Kabupaten Pasuruan Tahun 2012, dengan total anggaran mencapai Rp 195 juta. Berukuran 10 X 12 meter persegi dan memiliki koleksi 916 buku bacaan.

Pembangunannya sendiri dilakukan mulai September-Desember tahun lalu dan baru diaktifkan dan diresmikan 23 Oktober 2013.

“Alhamdulillah bapak bupati juga berkenan untuk membukanya,” kata Karso, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pasuruan, Jumat (27/9/2013).

Karso mengatakan warga Tosari selama ini memang sangat membutuhkan perpustakaan karena minat baca warganya sangat tinggi.

“Pembangunan perpustakaan ini kami maksudkan untuk memfasilitasi kebutuhan atau minat baca warga Tosari yang luar biasa,” ungkapnya.

Karso mengatakan buku bacaan di perputakaan ini meliputi tentang dunia hewan dan tumbuhan bagi anak-anak, kemudian ada juga tentang ilmu pengetahuan alam dan sosial. Buku berisi tips untuk masyarakat juga tersedia.

Dengan diresmikannya Perpustakaan Umum Tosari, jumlah perpustakaan di Kabupaten Pasuruan menjadi 7 unit. Berada di Gondangwetan, Bangil, Grati, Nguling, Purwosari, Pandaan, dan Tosari. (eml/fyd)