Produksi Gandum Pasuruan Melebihi India

252

Pasuruan (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan berhasil menanam dan memanen gandum di Tosari. Produksi gandum Tosari mencapai 4 ton per hektar, lebih besar dari India yang dikenal sebagai salah satu pusat produksi gandum dunia.

“Produksi kita 4 ton per hektar, lebih besar dari India yang dikenal pusat produksi gandum yang masih 2 ton per hektar,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan, Rabu (2/10/2013).

Gandum Tosari bisa dibuat tepung dan cukup untuk kebutuhan pangan warga Pasuruan. Jika ada perhatian pemerintah pusat, Indonesia punya potensi besar untuk memproduksi gandum dalam skala besar.

“Sekarang kita sudah memecahkan mitos bahwa gandum tak bisa ditanam di Indonesia, nyatanya bisa kok. Sekarang tinggal good will pemerintah pusat,” tandas Ihwan.

Ihwan mengatakan menanam gandum khususnya di Tosari sangat mudah. Gandum bisa ditanam di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut dan tak membutuhkan banyak air.

“Ada 16 varitas gandum yang akan kita panen nanti,” jelas Ihwan.

Di Indonesia ada 13 kabupaten di 6 propinsi yang mencoba menanam gandum. Namun hanya di Kabupaten Pasuruan yang menanam di atas lahan lebih dari 10 hektar dan berhasil panen. (fyd/fyd)