Mengenal ‘Bukit Kingkong’ Bromo

637
Bukit Kingkong Bromo. foto : yogi
Bukit Kingkong Bromo. foto : yogi
Bukit Kingkong Bromo. foto : yogi

Tosari (wartabromo ) – Kawasan Pegunungan Bromo seakan tiada habisnya dengan aneka pemandangan indah dari berbagai sudut pandang dan lokasi yang berbeda.

Melalui jalur Tosari, Pasuruan, anda bisa menikmati indahnya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari sejumlah titik seperti Kawasan Dingklik, Bukit Cinta atau Love Hill, View Point Puncak Penanjakan dan satu lagi Bukit Kingkong.

Nama Bukit Kingkong memang baru saja populer setelah warga di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari membuka jalur tersebut sebagai jalan alternatif.

Kata Kingkong muncul begitu saja, sesaat setelah sejumlah warga dan wisatawan mulai berdatangan untuk mencoba melihat panorama Pegunungan Bromo Tengger Semeru dari titikĀ  tersebut.

“Kalo gak salah, Petugas TNBTS yang dulu menamakan bukit kingkong mas,”ujar salah seorang pedagang kopi di bukit kingkong yang akrab dipanggil Cak man, saat ditemui wartabromo.

Di kawasan tersebut, kita bisa melihat indahnya gunung bromo, lautan pasir dan semeru serta pemukiman warga di Probolinggo dari sudut pandang yang berbeda dari view point lainnya.

Letaknya yang dikelilingi dengan tebing curam membuatnya sangat indah dan sayang jika dilewatkan.

“Jika kita berdiri di situ, seperti Kingkong yang bisa melihat semua pemandangan,” ujar Trisno Sudigdo, Ketua Koperasi Bromo Tengger Sejahtera.

Menurutnya, Bukit Kingkong biasanya dikunjungi oleh para wisatawan usai puas menikmati indahnya matahari terbit dari puncak penanjakan.

Sambil melihat indahnya pemandangan, di Bukit Kingkong kita juga bisa menikmati kopi khas tengger dan gorengan hangat yang dijual oleh Warga setempat. (yog/yog)