Sapi Kurban Tukang Becak Diarak Keliling Kampung

310
sapi-kurban-tukang-becak-pa
Diarak keliling kampung – Sapi kurban milik Bambang diarak keliling kampung oleh warga, Selasa (15/10/2013). foto : sp

Purworejo (wartabromo)  – Warga Kampung Pucangan Kelurahan/Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan mengarak sapi kurban milik Bambang, tukang becak yang menabung selama 10 tahun untuk berkurban usai sholat Idul Adha di Masjid Al-Ikhlas di daerah setempat, Selasa (15/10/2013).

Kegiatan arak-arakan tersebut dimulai dari Pos Kamling di ujung kampung menuju lokasi Masjid Al-Ikhlas dengan diiringi sholawat terbang ishari oleh sejumlah Remaja Masjid.

Menurut Takmir Masjid Al-Ikhlas, Nur Salim Jamil, kegiatan arak-arakan hewan kurban tersebut dilakukan sebagai salah satu cara syiar islam atas pelaksanaan hari raya kurban 1434 Hijriyah.

“Biar anak-anak kita tahu, jika hari ini adalah hari raya kurban,” ujar Nur salim Jamil pada wartabromo.

Kegiatan arak-arakan hewan kurban tersebut sebenarnya sudah menjadi tradisi secara turun temurun sejak beberapa tahun silam. Untuk tahun ini, giliran sapi kurban milik Bambang, si tukang becak di daerah setempat yang merupakan satu-satunya hewan kurban jenis sapi yang diterima oleh panitia.

“Ini bisa menjadi contoh bagi warga dan umat islam lainnya tentang pentingnya berkurban,”lanjutnya.

Sebelum pelaksanaan arak-arak hewan kurban tersebut, Sapi milik Bambang terlebih dahulu dirias atau dipaesi layaknya pengantin kemudian dibawa oleh sang pemilik bersama warga untuk keliling kampung sebelum akhirnya disembelih.

Diberitakan sebelumnya, pihak panitia masjid Al-Ikhlas menerima seekor sapi milik Bambang, tukang becak yang membeli hewan tersebut dari hasil menabung uangnya di jok becak selama kurun waktu 10 tahun. (yog/yog)