Kemarau Panjang, Produksi Mangga Turun

554
Seorang petani memberi label pada mangga yang baru di panen. Mangga-mangga ini kemudian dikirim ke sejumlah kota/ G Arif Subagyo

Rembang (wartabromo) – Musim kemarau panjang membuat petani mangga di Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan panen awal tahun ini. Selain harus panen awal, produksi mangga juga mengalami penurunan.

Ketua Gapoktan Sovi Manggo, M Sofi (42) mengatakan Biasanya panen dilakukan pada akhir Oktober, namun kali ini pertengahan Oktober sudah mangga sudah mulai dipanen.

“Cuaca panas membuat buah mangga cepat matang,” ujar petani mangga Dusun Selotumpang RT 02 RW 07 Desa Oro-oro Ombokulon Kecamatan Rembang, Selasa (22/10/2013).

Menurut pria yang bertani mangga sejak 2008 ini, panen mangga tahun ini tidak sebagus tahun lalu. Pohon mangga yang sudah berusia sepuluh tahun seharusnya bisa berbuah hingga 500 kilogram, namun kali ini hanya bisa menghasilkan 200-300 kilogram.

Penyebabnya penurunan produksi, kata Sofi, karena sedikit lebah yang datang sehingga minim penyerbukan sehingga bunga pada pohon mangga jarang yang menjadi buah.

“Tawon-tawon nggak ada yang ke sini. Mungkin karena panas ya,” ujar Sofi.

Pantauan di Dusun Selotumpang RT 02 RW 07 Desa Oro-oro Ombokulon Kecamatan Rembang, para petani tengah menata ratusan kotak plastik berisi mangga hasil panen.

“Kalau nanti panen raya lebih banyak lagi mangga di sini,” pungkasnya. (fyd/fyd)