Jalan Arah Bromo yang Longsor Bisa Dilewati Bergiliran

574
longsor di bromo
Jalan arah bromo yang longsor sudah bisa dilewati / yogi

Tosari (wartabromo) – Ambrolnya jalan ke arah kawasan wisata Bromo melalui Desa Baledono Kecamatan Tosari akhirnya berlahan mulai bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Namun demikian, para pengendara diminta untuk tetap berhati-hati lantaran masih diberlakukan sistem buka tutup atau lewat secara bergiliran.

“Tadi sekitar pukul 4 sore sudah bisa dilewati. Kita baru selesai melakukan pelebaran bahu jalan sisi kiri dari arah Puspo dengan pengurukan material padat seperti tanah, pasir serta material kayu bongkaran,”kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, Yudha Triwidya Sasongko, Senin (16/12/2013).

Menurutnya, proses perbaikan ini bersifat sementara agar warga di dua kecamatan serta para wisatawan tetap bisa melewati jalur yang sempat ambrol sepanjang 30 meter, Minggu (15/12/2013) petang.

Baca Juga :   Poros Jalan Kota Probolinggo Rusak, Warga Tanami Pohon Pisang

“Untuk proses rehabilitasi jalan yang bersifat permanen akan dilakukan oleh pihak Dinas Binamarga Propinsi secepatnya,” tutur Yudha.

Guna mengatur arus lalu lintas kendaraan, lanjutnya, berdasarkan hasil pertemuan warga, perangkat dan Muspika setempat dilakukan secara bergilir oleh warga agar kendaraan bisa melalui jalan tersebut.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, akibat hujan yang terus menerus mengguyur sejak pagi, Jalan arah ke Bromo di Desa Baledono Kecamatan Tosari ambrol sepanjang 30 meter dengan kedalaman sekitar 15 meter. Akibatnya, kendaraan roda empat dari arah Puspo maupun dari arah Tosari dialihkan melewati Kecamatan Tutur, Nongkojajar. (yog/yog)