Pengamat Politik : PKB Masih Perkasa di Pasuruan

583

pkbBangil (wartabromo) – Partai Kebangkitan Bangsa agaknya masih menjadi Partai Islam pilihan rakyat Indonesia. Hal tersebut terlihat dari hasil pemilu legislatif 2014 yang masih menjadikan Partai Kebangkitan Bangsa tetap menempati 5 besar Parpol di Indonesia.

Di wilayah Pasuruan baik Kota maupun Kabupaten, keperkasaan PKB yang dimotori oleh Irsad Yusuf (Bupati Pasuruan) yang juga sebagai Ketua DPC PKB Pasuruan dan Hasani (Walikota Pasuruan) belum mampu tersaingi oleh partai politik lainnya dengan perolehan suara yang masih menduduki peringkat pertama di wilayahnya.

“Pasuruan baik kota maupun kabupaten adalah basis kaum Nadliyin yang sangat kuat. Ini dibuktikan dengan beberapa dekade sebelumnya, dimana kultur masyarakat Pasuruan begitu patuhnya terhadap fatwa para kyai yang kebanyakan berbasis pada partai politik Islam, khususnya PKB,” ujar Pengamat politik dari Surabaya DR.Ir.Heksanto saat menjadi narasumber dalam rangka seminar sehari “Demokrasi di Mata Islam” yang diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Generasi Muda di Aula An-Nisa Bangil, Senin (12/5/2014).

Baca Juga :   Nelayan Kalibuntu Curi Ponsel

Menurutnya, kultur tersebut berdampak langsung dengan perolehan suara dan kursi parlemen yang didapatkan oleh PKB di Pasuruan. Partai manapun masih sangat sulit menyaingi keberadaan PKB saat ini.

Tak dapat dipungkiri dalam 3 pemilu setelah era reformasi perolehan kursi PKB di DPRD Pasuruan kota maupun Kabupaten memang masih mendominasi.

“Tak hanya itu saja, kepala daerah yang terpilih di Pasuruan kesemuanya juga diusung oleh PKB,”imbuhnya.

Dari data yang berhasil dikumpulkan Wartabromo, setidaknya PKB Kabupaten Pasuruan berhasil meraup 12 kursi di DPRD atau berhasil memperoleh suara total sebesar 199.637. PKB unggul di sejumlah Dapil diantaranya Dapil 1, 3, 4 dan 5. (gnr/yog)