Gus Dur Pernah Isyaratkan ‘Soal Gas’ di Pasuruan

661

Gus durPasuruan (wartabromo) – Selain kaya sumber daya alam seperti air bersih kualitas terbaik, Kabupaten Pasuruan diminati oleh para investor lantaran keberadaan jaringan pipa gas yang tertanam di kawasan ini.

Mantan Presiden ke-4 Alm. KH. Abdurrahman Wahid pun ternyata pernah mengisyaratkan kekayaan alam yang dimilliki oleh Kabupaten Pasuruan dan berpesan untuk mengelola dan membangunnya.

“Pasuruan iku ada energi, ada minyak dan gas, awakmu gawe opo-opo ngunu lho dek kunu,” kata Gus Dur seperti ditirukan Irsyad Yusuf, ketika Gus Dur sedang beristirahat di Taman Dayu Pandaan, kala itu.

Pernyataan itu, lanjutnya, disampaikan saat dirinya masih menjadi Komandan Satkorcab Banser Kabupaten Pasuruan dan sedang sowan ke kamar Gus Dur.

“Saya masuk untuk sowan ke Gus Dur, lalu beliau menyuruh Mbak Yenni sama Cak Anam (keduanya menemani Gus Dur untuk hadir dalam kegiatan di Ponpes Al Hidayah Sukorejo,red) meninggalkan kamar beliau. Lalu beliau ngomong soal itu,” terang salah satu putra Solikha Hasbullah ini.

Menurutnya, dirinya yang saat itu mengaku sebagai Komandan Banser pada Gus Dur tak pernah menyangka. jika kemudian, apa yang disampaikan oleh Gus Dur menjadi kenyataan. Pasalnya, saat dirinya menjabat sebagai Bupati, wilayah Pasuruan justru menjadi landing gas.

“Sekarang mulai muncul landing-nya gas yang menjadi kekayaan Pasuruan. Belum maksimal memang, tapi mulai ada perkembangan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Perusahaan Gas Negara (PGN) saat ini tengah melakukan pemasangan pipa gas di berbagai titik di wilayah Kabupaten Pasuruan. Terakhir, PT Pertamina Gas akan mulai melaksanakan pemasangan pipa transmisi gas dari Beji menuju PLTU Grati. (yog/yog)