120 Ribuan Warga Miskin Pasuruan Segera Dapat Raskin Bergilir

576

image

Pasuruan (wartabromo) – 120.004 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) se-Kabupaten Pasuruan akan menerima Beras Miskin (Raskin), mulai senin (9/3/2015) mendatang.

Perum Bulog Sub Divre Malang dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan mulai mendistribusikan raskin tersebut secara bergantian selama 14 hari.

Diana Lukita Rahayu, Kabag Perekonomian Kabupaten Pasuruan mengatakan, masing-masing RTSPM akan mendapat 15 kilogram raskin medium dengan harga Rp 1600 perkilogramnya. Sedangkan jumlah raskin sendiri mencapai 1.800.060 kg/bulan, sehingga total dalam satu tahun menembus 21.600.720 kilogram.

“Dari Bulog akan mendistribusikan ke titik distribusi yakni Balai Desa, setelah itu maka akan langsung didistribusikan ke titik bagi,” kata Diana, Jumat (6/3/2015).

Titik bagi yang dimaksud yakni lokasi-lokasi yang mudah dijangkau oleh para penerima, seperti warung desa, kantor RT maupun RW ataupun lokasi lainnya.

Baca Juga :   Baru 3 Bulan Direhab, Plafon SD Kiduldalem 3 Ambrol

“Kami hanya berharap kerja sama yang baik dari pihak desa, agar masyarakat benar-benar menerima manfaat Raskin tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut Diana menambahkan, sebelum pendistribusian, pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap kualitas Raskin yang disimpan di Bulog Gading maupun Kejapanan. Tujuannya tak lain untuk memastikan apakah raskin tersebut tidak berubah warna menjadi hitam, bau dan rusak.

“Seluruhnya sudah memenuhi standar untuk langsung dibagikan. Kalaupun ada ketidakcocokan, maka pihak desa maupun penerima manfaat boleh mengembalikan,” singkatnya.

Sementara itu, dari seluruh RTSPM, Kecamatan Grati adalah wilayah yang menyumbangkan RTSPM dengan jumlah paling banyak, yakni 9588 RTSPM. Posisi kedua adalah Kecamatan Nguling dengan 9098 RTSPM dan ketiga adalah Kecamatan Lekok dengan 8714 RTSPM. (eml/yog)