Ada Kebakaran, Jalur Pendakian Arjuno Ditutup Total

833

image

Pasuruan (wartabromo) – Akibat kebakaran yang melanda kawasan hutan di blok Gumandar Gunung Arjuno. Terhitung mulai hari ini, Jumat (17/7/2015) secara resmi pihak pengelola Taman Hutan Raya (TAHURA) Raden Soeryo yang meliputi gunung Arjuno, Ringgit dan gunung Welirang menutup sementara jalur pendakian.
   
Menurut kasi pendakian Tahura, Agus Budi Utomo, penutupan dilakukan di 4 titik pos jalur pendakian yakni Tambaksari Purwosari, Tretes Prigen, Lawang Malang dan di pos pendakian Bumiaji Kota Batu.
   
“Kita menutup semua pintu masuk pendakian,” terang Agus Utomo.
     
Penutupan tersebut dilakukan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa mengingat saat ini cuaca panas di puncak Gunung Arjuno cukup berpotensi kebakaran akan meluas. Kobaran api yang membentuk lingkaran seperti cincin itu terjadi sejak Kamis (16/7/2015) sore.
    
Agus belum bisa memastikan sampai kapan penutupan wisata pendakian ini akan dilakukan. Pihaknya hanya memasang tulisan atau warning di setiap pos.

Baca Juga :   Kakek Siksa Cucu, Ini Tanggapan Lembaga Perlindungan Anak

Pantauan wartabromo, beberapa calon pendaki yang tiba di pos pendakian Tretes Prigen terpaksa diminta petugas untuk pulang karena bencana kebakaran ini.

“Pendaki yang sudah terlanjur tiba di pos pendakian kita sarankan untuk kembali,” pungkas Agus Budi Utomo. (egy/yog)