Berharap Bebas dari Hama Tanaman, Warga Rejoso Arak ‘Tikus’

301

Rejoso (wartabromo) – Puluhan ancak hasil bumi digotong dan diarak keliling desa oleh warga Desa Rejoso Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, Rabu (9/9/2015). Tidak ketinggalan, puluhan tumpeng juga ikut menyertai perhelatan Selamatan Desa itu.

Selamatan Desa yang digelar warga Desa Rejoso Lor itu tidak ubahnya karnaval perayaan Hari Kemerdekaan RI saat Agustus lalu. Lantaran, warga yang mengiringi arak-arakan ancak tersebut juga mengenakan pakaian berneka jenis yang memfragmenkan lakon kehidupan masyarakat.

Bukan hanya itu, warga juga melengkapinya dengan mobil hias serta patung kertas berwujud tikus dan lainnya sebagai gambaran penyakit atau hama yang kerap menyerang tanaman mereka.

Warga berharap pada musim tanam berikutnya, dijauhkan dari hama tanaman dan tikus yang merajalela.

“Selamatan Deso ini sebagai wujud syukur masyarakat kepada Tuhan. Dengan selamatan ini, kami berdoa semoga dalam musim tanam nanti, dijauhkan dari berbagai hama penyakit dan diberi hasil yang melimpah,” kata Humaidi Robert, Kepala Desa Rejoso Lor.

Sementara, Bupati Pasuruan, M Irsyad Yusuf menyampaikan bahwa ritual yang digelar warga itu merupakan bentuk kearifan lokal yang harus dipertahankan.

“Selain sebagai wujud syukur atas nikmat Tuhan, selamatan desa ini juga akan memberikan semangat kepada warga untuk makin giat bekerja. Sekaligus dengan adanya selamatan deso ini, juga akan mempererat semangat kebersamaan warga,” kata M Irsyad Yusuf. (hrj/hrj).