Pria Kejayan Pembacok Ibunya Diduga Gangguan Jiwa, Diperiksa ke RSJ

597
Korban pembacokan saat dirawat di RSUD dr R Soedarsono Pasuruan. (Foto: istimewa)

Kejayan (wartabromo) – Ismail (50) pria Dusun Tamanan, Desa Randugong, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, diamankan polisi karena melakukan pembacokan pada ibunya, Atim (65). Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas Polsek Kejayan, diduga Ismail mengalami gangguan jiwa.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku mengaku bila mendapat bisikan ghaib yang mengatakan bila ada setan di dalam tubuh ibunya,” kata Kapolsek Kejayan AKP Indro Susetyo, Kamis (21/7/2016).

Meski demikian, lanjut Indro, berdasarkan keterangan para tetangganya, Ismail bahwa menderita gangguan jiwa.

“Keterangan warga sekitar rumah korban, pelaku agak kurang waras,” imbuh Indro.

Untuk memastikan hal itu, polisi membawa Ismail ke rumah sakit jiwa (RSJ) Lawang. Langkah itu diambil untuk kepentingan penyidikan.

“Untuk kepentingan penyidikan dan sebagai dasar untuk menetapkan pelaku sebagai tersangka. Dari hasil pemeriksaan nantinya baru bisa diketahui apakah pelaku menganiaya ibu kandungnya secara sadar atau tidak,” pungkas Indro.

Ismail nekat membacok ibu kandungnya sendiri dengan sebuah pedang Rabu (20/7/2016) sekitar pukul 21.00 WIB. Beruntung nyawa sang ibu dapat terselamatkan, meski harus menderita luka bacok di bahu sebelah kiri-nya sepanjang 15 cm.

Informasi yang didapat wartabromo.com, Atim (65), si korban sedang tidur di kamarnya saat pelaku membacoknya. (fyd/fyd)