Coca-Cola Amatil Indonesia Luncurkan Desa Mandiri Lestari di Pasuruan

1439
Gempol (wartabrmo) – Sebagai upaya untuk turut berkontribusi dalam melakukan pelestarian lingkungan, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) bekerja sama dengan Kelompok Tani Sumber Makmur Abadi Desa Kepulungan Gempol Kabupaten Pasuruan meluncurkan program Desa Mandiri Lestari.
 
Fatimah Zahra, Public Affairs & Communications CCAI melalui pers rilisnya mengatakan, program tersebut memungkinkan pemanfaatan lahan sempit, limbah rumah tangga menjadi media tanam dan pupuk serta penggunaan mini greenhouse, yakni rak tanam bersusun yang terbuat dari pipa paralon serta screen net penangkal hujan.

csrcocacola“Masyarakat dilatih untuk bisa memanfaatkan lahan yang sempit menjadi bernilai secara ekonomis. Selain itu meminimalisir penggunaan pestisida berbahaya bagi tubuh,” kata Fatimah

Menurutnya, program Desa Mandiri Lestari tersebut selaras dengan program pemerintah yakni Pasuruan Sehat yang berfokus pada pemenuhan gizi dan peningkatan taraf ekonomi masyarakat. Melalui Program edukasi pelatihan bercocok tanam sayur mayur di perkarangan rumah maka kebutuhan harian rumah tangga bisa terpenuhi.

“Nantinya, peserta akan diberikan pelatihan yang meliputi teori dan praktek tentang teknik dasar budidaya organik, teknik tata lahan, pemanfaatan limbah dapur, pengenalan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan pembuatan pestisida nabati, “ lanjutnya.

Baca Juga :   Siswa Kelas 1 SD di Pasuruan Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Selama proses pendidikan, kelompok tani akan mendapatkan pendampingan intensif oleh tenaga ahli hingga mereka mampu menjalani program sendiri.

Selain program Desa Mandiri Lestari, CCAI di Jawa Timur juga telah menjalankan berbagai program CSR seperti penanaman 40.000 batang pohon di kawasan Hutan Asuh CCAI lereng Gunung Arjuna, pemberian bantuan pendidikan, bantuan infrastruktur, bantuan acara keagamaan, pengobatan gratis, dan kegiatan sosial lainnya. (*/yog)