4 Pelajar MTs Negeri Bangil Juara Baca Kitab Kuning Se – Jatim

1702

Bangil (wartabromo) – Semangat belajar yang ditanamkan di kalangan siswanya terutama untuk menguasai dan mempelajari kitab kuning mengantarkan empat pelajar Mts Negeri Bangil meraih juara Lomba Baca Kitab Kuning (LBKK) Tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Jatim.

Keempat pelajar yang duduk di kelas VIII A tersebut adalah Mukhammad Syarwani, Amiroh Untsal Asad, Musyafak Zein dan Muchtarul Hadist. Masing – masing Syarwani dan Amiroh menjadi Juara I, sedangkan Hadist menjadi Juara III dan Zein meraih Juara Harapan III.

Ditemui di sekolahnya, Para siswa-siswi cerdas tersebut mengaku bahagia, lantaran baru pertama kali mengikuti perlombaan tersebut dan langsung jadi juara.

“Awalnya tegang karena pesimis dengan peserta yang dari kota-kota besar seperti Surabaya dan Malang. Ternyata menang ,” ungkap Syarwani.

Baca Juga :   Kenalkan Ikon Kota Pasuruan Dengan Lomba Fotografi

Diceritakannya, sebelum mengikuti LBKK Tingkat Jatim, Syarwani harus bersaing dengan para pelajar SMP/Mts se-Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu. Setelah menang, barulah dirinya ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Pasuruan ke tingkat propinsi.

“Total ada delapan perwakilan, tapi yang menang ada empat. Syukurlah bisa pulang dengan membawa piala. Senang sekali bisa mengharumkan sekolah dan Kabupaten Pasuruan,” imbuhnya.

Sementara itu, Najib Kusnanto selaku Kepala Mts Negeri Bangil mengaku bangga dengan prestasi yang baru saja diraih anak didiknya tersebut. Diakuinya, sebelum bertanding, keempat pelajar tersebut dilatih dengan macam-macam latihan, meskipun durasinya hanya dua jam dalam satu hari.

“Kebetulan di sekolah juga ada ekstra kurikuler kitab kuning, dan pembimbingnya ada pak Sulton. Untuk menguasai kitab kuning tidaklah harus dihafalkan, melainkan menganalisa apa yang ada di dalam kitab kuning itu sendiri. Tata bahasa nya harus dikuasai, sehingga ketika dituntut untuk membaca kitab kuning, semuanya menguasai,” terangnya. (mil/yog)