Aqua Pandaan Sabet Dua Gelar Juara di PSG Convention 2016

1930

Pandaan (wartabromo) – PT Tirta Investama (AQUA) menyelenggarakan Problem Solving Group (SPG) Convention 2016. Kegiatan yang dihelat selama tiga hari mulai 28 – 30 November 2016 ini diikuti 6 pabrik AQUA di wilayah Indonesia bagian timur. Kegiatan yang digelar di Hotel Kusuma Agrowisata, Kota Batu.

IMG_20161202_200631PSG Convention merupakan ajang untuk memberdayakan karyawan agar memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dan melakukan perbaikan berkelanjutan di semua fungsi perusahaan seperti manufaktur, kualitas, logistik dan keselamatan kerja. Peserta kegiatan ini karyawan dari level operator, pelaksana dan tehnisi dari Jawa Tengah, Bali hingga Manado.

Acara ini dibuka oleh Industrial Director Regional III, Lutfi Zakaria. Dalam kesempatan membuka acara, Lutfi Zakaria menyampaikan bahwa AQUA group memiliki XX pabrik yang tersebar di seluruh Nusantara. Menurut dia, permasalahan tehnis dalam operasional manufaktur adalah hal yang biasa dan sering dijumpai di setiap lokasi.

Baca Juga :   Sepekan, ASN Lumajang Lakukan 1.166 Pelanggaran

IMG_20161202_200657Dengan kegiatan Problem Solving Group di setiap pabrik, maka efisiensi energi dan biaya operasional serta peningkatan kualitas safety bisa tercapai. Konvensi ini juga akan memperkuat budaya berbagi semangat, pengalaman dan keberhasilan PSG dari satu pabrik ke seluruh pabrik AQUA group.

Sementara itu, Operational Excellence Director AQUA group, Damien Leniart, menyatakan kegiatan ini sangat positif. Ke depan, pihaknya ini berbagi energi positif tidak hanya di AQUA saja, namun juga ke CBU Danone lainnya. Format konvensi ini, menurut Damien Leniert, akan direplikasi di regional dan pabrik yang lain.

PSG Convention 2016 kali ini menerapkan cara baru, diantaranya dengan menggunakan sosial media untuk digital vote dan format market place yang mewajibkan tiap tim mempresentasikan karyanya dalam booth yang representatif menggunakan material daur ulang.

Baca Juga :   Ribuan Relawan HATI Siap Kawal TPS

Sebelumnya telah dilakukan seleksi dari 65 group menjadi 13 group yang berasal dari 6 pabrik. Hasilnya, 13 stand mengikuti PSG Convention di Batu tahun ini.

Dalam kompetisi internal perusahaan AQUA ini, kelompok asal Pabrik AQUA Pandaan dengan nama Tim Creatif menjadi juara I, disusul juara II Tim Detektif juga dari Pabrik Aqua Pandaan dan Juara III diraih Tim Warrior dari Pabrik AQUA Klaten. Tim Detektif dari Aqua Pandaan juga masuk nominasi stand terfavorit menurut vote melalui Facebook.

Pencapaian Pabrik Aqua Pandaan ini diharapkan bisa menyusul prestasi yang diraih Pabrik Klaten pada bukan Oktober 2016 lalu. Pabrik AQUA Klaten adalah peraih Silver Award dalam Operation Eccellence Conference (OpexCon) 2016 yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta. (*/*)