Keren! Mapalupas Gelar SAR Jungle Rescue di Hutan Puspo

291

Puspo (wartabromo) – Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Merdeka Pasuruan atau yang dikenal Mapalupas mengadakan Pendidikan Mapalupas II (S.A.R Jungle Rescue) berupa pembelajaran penolongan di dalam hutan bertempat di kawasan Perhutani Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan.

Kegiatan bertema Pendidikan Mapalupas II Tingkatkan Peran Potensi S.A.R dalam Membantu Penyelenggaraan Operasi S.A.R ini diikuti oleh Siswa Pecinta Alam (Sispala) tingkatan SMA, Mapala tingkatan Mahasiswa dan Organisasi Pecinta Alam (O.P.A) serta Penggiat Alam Se-Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, M. Luqman Mubarok, dalam kegiatan tersebut peserta mendapatkan materi tentang Pengenalan S.A.R, Sistem S.A.R, E-S.A.R, Navigasi dan PPGD.

IMG-20161204-WA0050“Kegiatan ini merupakan Program Kerja Mapalupas yang diadakan rutin aetiap tahun, ” ujarnya.

Ada dua tahap kegiatan selama 2 hari sejak Sabtu (3/12/2016) hingga Minggu (4/12/2016) itu diawali dengan pemberian materi dari perwakilan BPBD Kabupaten dan Kota Pasuruan, Pembina Mapalupas serta Pembina Petawana sampai praktek atau simulasi tentang pencarian dan pertolongan pada korban yang hilang di gunung atau di hutan.

“Pendidikan ini sangat penting sekali bagi pemuda-pemudi untuk menjaring potensi relawan, ” lanjut Luqman. (nal/**)