PT Tirta Investama Tanam Pohon di Lereng Arjuna

1418

Prigen (wartabromo) – PT Tirta Investama, Pandaan, Pasuruan, sebagai perusahaan besar produsen air mineral dalam kemasan merupakan salah satu perusahaan pelopor dalam menjaga kelestarian alam. Komitmen melestarikan alam dan lingkungan terus dilakukan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

IMG_20161207_221322Bukti komitmen melestarikan alam dilakukan dengan penanaman pohon secara terus-menerus. Kali ini jajaran direksi PT Tirta Investama, Pandaan, Pasuruan, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Pasuruan melakukan penanaman pohon di lahan milik Perhutani, lereng Gunung Arjuna, Desa Ledug, Kecamatan Prigen, (7/12/2016).

Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dihadiri External Relation Senior Manajer PT Tirta Investama Budi Hartono, perwakilan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan Suprapto, Asisten Perhutani Sunardi serta Muspika Kecamatan Prigen dan dihadiri pihak PT Indolakto.

Baca Juga :   Misbakhun Kutuk Aksi Premanisme di Pasuruan

Hadir pula pegiat Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Bumi Lestari, pegiat lingkungan Jejak Kaki serta dari akademisi BEM Universitas Yudharta Purwosari dan juga relawan dari PT Tirta Investama.

Acara diawali dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Budi Hartono bersama Suprapto. Potong pita dilakukan di Pusat Konservasi Hutan yang dibangun pihak PT Tirta Investama bersama LMDH di lahan Perhutani.

“Laboratorium ini multifungsi, karena di samping sebagai lahan pembibitan tanaman hutan, bisa digunakan sebagai tempat penelitian edukasi ilmiah tanaman langka,” kata Budi Hartono.

Budi juga menyampaikan, bahwa bagian penting dalam pelestarian lingkungan adalah perawatan terhadap tanaman yang ditanam agar bisa tumbuh. Berapapun jumlah bibit pohon yang ditanam tanpa diiringi perawatan yang baik, tidak menutup kemungkinan tanaman itu akan mati.

Baca Juga :   Doa Lintas Agama Suku Tengger Jelang Pilpres

“Bukan berapa pohon yang kita tanam tetapi berapa pohon yang bisa hidup,” lanjut Budi.

Budi juga mengakui, untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggungjawab bersama. Akademisi, dunia usaha, pemerintah dan masyarakat harus bisa saling mengisi, bukan hanya menjadi penikmat alam.

Sementara itu, disela-sela acara penanaman, Prapto menyampaikan bahwa program penghijauan oleh PT Tirta Investama hendaknya diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain yang ada di wilayah Pasuruan. Hal ini untuk menjaga sumber air di kawasan Gunung Arjuna. Menurut Prapto, tahun 2016 tanaman yang ditanam di daerah konservasi jumlahnya menurun, yakni 178,355, lebih sedikit dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 204 ribu bibit pohon.

“Di Pasuruan ini jumlah perusahaan bertambah tetapi jumlah tanaman yang ditanam justru menurun,” terang Prapto.

Baca Juga :   Ini Kantor Tiga SKPD Baru Pemkab Pasuruan

Selain bibit durian dan alpukat, program CSR PT Tirta Investama yang dikelola Yayasan Satu Daun ini menanam 30 ribu bibit baru dari 100 macam jenis tanaman yang dikhususkan di lahan Perhutani Lawang Barat kawasan lereng Gunung Arjuno. (*/*)