Banyak Bencana Banjir, Bupati Pasuruan Minta Camat Siaga 1 dan Gerak Cepat

815

Pasuruan (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf memerintahkan kepada semua camat se-Kabupaten Pasuruan untuk siaga 1 dan siap di tempat menyusul seringnya kejadian bencana banjir dan tanah longsor akhir – akhir ini.

Hal itu disampaikan saat memimpin Rapat Koordinasi Kebencanaan di Gedung Segoropuro, Komplek Pendopo Kabupaten Pasuruan, Jumat (13/1/2017) sore.

Menurut Irsyad, masing-masing camat, khususnya di daerah rawan bencana harus senantiasa mengupdate informasi kebencanaan, baik cuaca maupun setiap kejadian yang mengarah pada terjadinya bencana. Selanjutnya, Informasi tersebut harus disampaikan kepada lurah/kepala desa, dan diteruskan kepada masyarakat di masing-masing wilayahnya.

RAKORR-1

“Camat itu adalah wakil Bupati di masing-masing wilayahnya, sehingga apapun informasi harus dikuasai. Salah satunya tentang kebencanaan, jadi semua camat harus bawa HT (handytalky) ke mana-mana, dan juga selalu berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) maupun pihak-pihak lain terkait kebencanaan,” kata Irsyad.

Baca Juga :   Kurir Bawa 4 Koper Uang Palsu Senilai Rp 10 M Diamankan di Probolinggo

Lebih lanjut Irsyad menegaskan bahwa camat memiliki peranan penting dalam hal koordinasi kebencanaan. Setiap pergerakan yang mengarah pada terjadinya bencana, harus dapat dideteksi dengan cara selalu bekerja sama dengan semua pihak, diantaranya BPD (badan permusyawaratan desa) hingga sekelas tagana (taruna siaga bencana).

“Banjir dan tanah longsor maupun bencana lainnya adalah hal yang dapat terjadi di luar kendali kita semua. Akan tetapi, kita dapat mengantisipasi bencana dengan cara siap siaga dan waspada. Nah dari situ,  peran camat harus intens demi menjaga warga yang dipimpinnya,” urainya.

Sementara itu, bencana yang terjadi di Kabupaten Pasuruan sejak awal tahun ini adalah tanah longsor di Kecamatan Tosari, serta Banjir di 9 kecamatan, diantaranya Kraton, Pohjentrek, Grati, Winongan, Pandaan, Nguling, Beji, Bangil, dan Rejoso. (mil/yog)

Baca Juga :   Jadi Ketua, Andri Siap Solidkan PDI-P dengan Tiga Pilar