Upacara Peringatan Puncak HUT Satpol PP ke – 67 Khidmat dan Sukses

620

Bangil (wartabromo.com) – Ribuan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Timur merayakan Hari Ulang Tahun yang ke 67 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang ke 55 tahun 2017, di Stadion R Soedrasono, Pogar Bangil, Senin (20/3/2017).

Mereka mengikuti Upacara yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf,  dan dihadiri Kasatpol PP Jawa Timur, Sutartib, serta beberapa kepala daerah diantaranya Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf beserta Wakil Bupati, Riang Kulup Prayudha, Walikota Pasuruan, Setiyono, Walikota Probolinggo, Rukmini Buchori, Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus dan kepala daerah lainnya.

Dari pantauan di lapangan, jalannya upacara tersebut berlangsung khidmat dan lancar. Bahkan, Syaifullah Yusuf atau yang popular dengan sebutan Gus Ipul memberikan nilai 99,99% untuk pelaksanaan upacara dalam rangka HUT Satpol PP dan Linmas di Kabupaten Pasuruan tahun 2017.

IMG_0059

“Luar biasa saya acungkan jempol untuk Kabupaten Pasuruan yang berhasil menjadi tuan rumah penyelenggaraan HUT Satpol PP dan Linmas tahun ini, ” kata Gus Ipul saat memberikan amanat sebagai inspektur upacara.

Gus Ipul sendiri membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri dalam HUT Satpol PP dan Linmas tahun ini. Sesuai dengan Tema “Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat dalam Menjaga Ketertiban Umum dan Menjaga Kemajemukan Masyarakat di daerah di wilayah NKRI”,

SatpolPP merupakan potensi yang Besar yang harus dimanfaatkan dan akan bertambah kuat dengan pemanfaatan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dengan kegiatan-kegiatan seperti pelibatan kegiatan deteksi dini, pengamanan bersama Kepolisian RI, pertahanan, ancaman bencana dll.

“Terima Kasih juga kami sampaikan bahwa Satpol PP bersama Kepolisian didukung BIN, TNI dan masyarakat ikut menjaga suksesnya pilkada serentak tahun 2017. Itu adalah pernyataan Mendagri, sedangkan dari saya adalah menyampaikan tiga permasalahan utama yang dihadapi Satpol PP hingga saat ini,” jelasnya.

Permasalahan yang dimaksud adalah belum banyaknya masyarakat yang memahami akan pentingnya taat dalam melaksanakan Peraturan Daerah (Perda), sarana prasarana operasional yang masih kurang, serta belum adanya Perda yang mengatur kepentingan umum. Kata Gus Ipul, ketiga hal tersebut apabila tercukupi, maka tak akan ada lagi mis komunikasi antara Satpol PP dan masyarakat.

“Poin terakhir adalah masih belum adanya Perda yang mengatur soal kepentingan umum, sehingga tidak ada pegangan apapun untuk melakukan tindakan tegas. Maka dari itu, kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat supaya ketiga permasalahan ini bias ada jalan keluarnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf mengaku bangga lantaran Kabupaten Pasuruan dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Puncak HUT Satpol PP Jatim ke 67 dan Linmas ke 55 tahun 2017.

Untuk itu, dalam rangka memeriahkan hari jadinya Satpol PP dan Linmas tahun ini, Pemkab Pasuruan menggelar Pameran Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan selama dua hari berturut-turut di Dome Sentra Produk Unggulan Kabupaten Pasuruan, serta Welcome Dinner seluruh Kasatpol PP se-Jawa Timur yang dilaksanakan di Royal Senyiur Hotel, Prigen.

“Terima kasih untuk seluruh Kasatpol PP dan semua anggota Satpol PP dan Linmas Kabupaten Pasuruan yang begitu keren dalam menampilkan devile maupun pelaksanaan upacara. Perjuangan, latihan terus menerus terbayarkan sudah dengan hasil yang sangat memuaskan. Juga kepada semua anggota Satpol PP se-Jawa Timur yang telah datang dan menikmati segala pesona Kabupaten Pasuruan yang sesungguhnya, saya ucapkan banyak terima kasih,” tegas Irsyad di sela-sela acara.

Di sisi lain, Hari Ulang Tahun yang ke 67 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang ke 55 tahun 2017 kali ini juga dihiasi dengan penampilan 500 penari dari siswi dan guru Pandaan yang mempersembahkan Tari Pasuruan Gumuyu, aksi Paralayang, serta devile dari seluruh Satpol PP se-Jawa Timur. Khusus Devile, Satpol PP Kabupaten Gresik berhasil menjadi Juara I, disusul Kabupaten Madiun sebagai Juara II, Kabupaten Mojokerto sebagai Juara III, serta Satpol PP Kabupaten Pasuruan sebagai Juara Favorit. (mil/yog)