Jelang Kasada, Hunian Hotel Capai 80 Persen

909

Sukapura (wartabromo.com) – Tingkat hunian hotel (okupansi) di kawasan Gunung Bromo jelang Ritual Yadnya Kasada capai 80 persen. Sebanyak 14 hotel dengan jumlah 494 keseluruhan kamar itu, sudah dipesan wisatawan untuk Jumat (7/7/2017) sampai Senin (10/7/2017).

“Pada tanggal-tanggal tersebut sudah dipesan. Pemesan kamar hotel didominasi wisatawan domestik. Mereka memesan lewat agen travel, khusus untuk menyaksikan ritual Kasada dan performance art Eksotika Bromo di kaldera lautan pasir,” kata Ketua PHRI Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Djamaluddin, Kamis (6/7/2017).

Pemilik Hotel Yoschi’s ini, memprediksi angka itu masih bisa bertambah. Dari 494 kamar hotel yang ada, sekitar 100 kamar di antaranya dipesan oleh kalangan jurnalis yang didominasi dari Jakarta.

Baca Juga :   Polisi Tembak Pelaku Begal Bermotor Honda Beat Putih di Wonoasih

“Juga ada wartawan Belanda dan Jerman yang akan jadi tamu hotel,” tutur pria yang biasa disapa Yoyok ini.

okupansi

Ritual Yadnya Kasada di Gunung Bromo, akan dilaksanakan pada Senin (10/7/2017) dini hari. Namun, sebelum itu akan digelar event Eksotika Bromo. Event dengan konsep art performant dan lomba foto di kaldera lautan pasir itu, akan digelar Jumat (7/7/2017) dan Sabtu (8/7/2017) mulai pukul 14.30 sampai 17.30 WIB.

Ada sekitar 250 seniman dan budayawan dari delapan daerah, Gowa, Ponorogo, Lumajang, Jembrana-Denpasar, dan Surabaya, Pamekasan, Malang, serta Probolinggo sendiri, yang akan berpartisipasi. Tak hanya itu, artis multitalenta Ayushita dan Sha Ine Febriyanti juga dijadwalkan tampil membacakan puisi.

Baca Juga :   Pemkab Pasuruan Bangun Gedung SPKT Baru untuk Polres Pasuruan

“Para artis akan tampil di atas panggung dengan latar belakang Gunung Bromo dan hamparan lautan pasir. Dengan begitu, selain ritual tradisional Suku Tengger, kami juga menyuguhkan pesona budaya dari berbagai daerah,” tandas Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo. (cho/saw)