Hoax Masih Jadi Sorotan di Konferwil I AMSI Jatim

855

Surabaya (wartabromo.com) – Berita hoax masih menjadi sorotan dalam Konferensi Wilayah I Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (Konferwil I AMSI Jatim) di Spazio, Intiland Surabaya, Rabu (25/10/2017). Konten bernada fitnah tersebut dianggap menjadi tanggungjawab seluruh pihak untuk memeranginya.

Ketua AMSI pusat Wanseslaus Manggut, pada pembukaan Konferwil mengungkapkan, konten negatif berupa kabar bohong atau fitnah (hoax) sudah diketahui tersebar di hampir seluruh platform media sosial (medsos).

Salah satunya disebutkan, dengan 117 juta akun medsos berupa Facebook, konten negatif tersebut sepertinya tidak dapat lagi terbendung

“Malah, orang lebih suka share berita-berita yang tidak jelas sumbernya atau hoax daripada (berita) yang lebih kredibel,” tandas Bang Wen, panggilan akrabnya.

Dijelaskan sebelumnya keberadaan media siber (media online) di Indonesia berkisar 43 ribu hingga 47 ribu. Hanya saja semua belum bisa terverifikasi sebagai sebuah lembaga kridebel. Pasalnya, tidak semua dari media siber tersebut menyajikan konten faktual atau berita yang telah disusun melalui proses verifikasi dan berimbang.

Baca Juga :   Diduga Masih Saudara Korban, Polisi Buru Pelempar Bondet di Probolinggo

Dalam perjalanannya, lembaga yang dikomandaninya, kemudian lebih sering mendapatkan aduan dari sejumlah pihak, diantaranya kepolisian.

“AMSI sering mendapatkan telepon, misalnya dari polisi, yang mengatakan ada pihak yang melaporkan salah satu media (siber), karena pemberitaannya dianggap salah,” imbuhnya.

Dinamika dan fenomena hoax di dunia siber disandingkan dengan besarnya keberadaan medsos, hingga kini terbilang masih belum dapat dihentikan, sehingga dibutuhkan jalinan seluruh komponen sosial untuk dapat memeranginya.

Konferwil I AMSI Jatim, saat ini telah berlangsung, setelah sebelumnya dilakukan deklarasi dan dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan tema “Media Siber Kata Kunci Masa Depan”.

Seminar menghadirkan pembicara, antara lain, Sapto Anggoto (CEO tirto.id), Wahyu Dhyatmika (Pimred tempo.co), Andrias Eko Yuwono (SMO kumparan.com), Wenseslaus Manggut (Pimred Kapanlagi Network/Merdeka.com) dengan moderator pakar komunikasi Dr Suko Widodo.

Baca Juga :   Bupati Pasuruan Terima K3 dan Zero Accident Award 2014

Sisi lain, ketua panitia Arief Rahman mengatakan, Konferwil ini selain memilih Ketua AMSI Jatim, juga akan diumumkan susunan Dewan Etik serta Dewan Pengawas dan Pertimbangan AMSI Jatim.

Sejumlah nama mengemuka untuk mengisi Dewan Etik, antara lain, Errol Jonathans (wartawan senior dari Suara Surabaya Radio), Febby Mahendra Putra (Pemimpin Redaksi Harian Surya), Prof Dr Rahma Ida (Guru Besar Jurusan FISIP Unair) dan Prof Dr Henri Subiakto (Staf Ahli Bidang Hukum Menteri Komunikasi dan Informasi).

Sementara untuk Dewan Pertimbangan dan Pengawas AMSI Jatim yang dicalonkan, antara lain, Azrul Ananda (CEO Jawa Pos), Agnes Sweta Pandia (Kabiro Kompas Jatim), Budi Sugiarto (kabiro detik.com) dan Abdul Rohim (Pimred SBO TV).

Baca Juga :   Jember United vs Persekabpas : Tim Tamu Incar kemenangan

Dijelaskan juga Konferwil I AMSI Jawa Timur mendapat darah segar dengan masuknya beberapa anggota baru, antara lain jawapos.com, surya.co.id, dan bicarasurabaya.com.

Sebelum itu, sudah ada 19 media terdaftar di AMSI Jatim, yakni: tribunjatim.com, beritajatim.com, lensaindonesia.com, kabarbisnis.com, josstoday.com. timesindonesia.co.id, blokbojonegoro.com, bloktuban.com, beritabojonegoro.com.

Disamping juga ada maduracorner.com, portalmadura.com, faktualnews.co, mediamadura.com, pojokpitu.com, bangsaonline.com, suarabanyuurip.com, wartabromo.com, kabaspas.com dan nukita.id. (*/*)