Ditinggal Berobat, Rumah Warga Kota Probolinggo Dibobol Maling

474

Probolinggo (wartabromo.com) – Ditinggal berobat, rumah milik Wong Sien Tjen di jalan Letjen Soeprapto, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, dibobol maling. Perhiasan emas senilai puluhan juta, raib digondol maling.

Aksi pembobolan itu, baru diketahui Rabu (3/1/2018) siang. Saat itu, menantu korban dan sopir pribadinya datang untuk memeriksa kondisi rumah tersebut. Namun mereka terkejut saat melihat pintu utama rumah rusak. Keduanya lantas memeriksa kondisi rumah, yang ternyata sudah acak-acakan. Termasuk sebuah lemari tempat perhiasan emas disimpan.

Perhiasan emas yang ada di lemari itupun digondol maling.“Tidak ingat saya, karena sudah mulai lupa. Yang jelas sekitar puluhan juta perhiasan itu,” tutur Wong Sien Tjen,

Wong Sien Tjen menerangkan selama ini rumah itu hanya dihuni olehnya dan pembantunya. Rumah itu, memang kerap kosong, karena dirinya harus berobat ke luar kota. “Sering kosong, karena saya berobat,” terangnya tanpa menyebutkan sakit yang diderita.

Polisi yang mendapat laporan kemudian mendatangi rumah warga etnis Tionghoa ini. Dari hasil olah TKP sementara petugas Satreskrim Polres Probolinggo Kota, diduga pelaku berjumlah lebih 1 orang. Mereka masuk dengan cara merusak kunci pintu utama. Bagian gagang pintu rusak, akibat dibuka paksa dengan benda semacam linggis. Kerusakan juga terjadi di pintu kamar, yang berada di bagian dalam.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Agus, tetangga korban, sehari sebelumnya memang ada sekitar dua orang, masuk ke rumah tersebut. Satu menunggu di atas kendaraan, sementara yang lainnya masuk ke dalam rumah. Saat itu Agus hendak mengantarkan pesanan nasi ke pelanggannya.

“Saya tidak curiga, bahkan salah seorang dari mereka sempat tersenyum pada saya. Saya pun berangkat, mengantarkan nasi bungkus. Perkiraan itu sekitar 13.30 WIB siang,” ujar Agus.

Hingga saat ini, proses penyelidikan masih terus berlanjut. Pihak kepolisian, masih mengumpulkan sejumlah data dari lokasi kejadian. Serta mengorek keterangan dari sejumlah saksi, dan pemilik rumah. Kerugian pasti akibat pembobolan rumah kosong ini belum diketahui, petugas dan pemilik rumah masih melakukan pendataan, barang apa saja yang dicuri. (lai/saw)