Gerhana Bulan, BMKG Himbau Warga Pesisir Waspada

1079

Jakarta (wartabromo.com) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) himbau masyarakat untuk waspada terhadap tinggi pasang maksimum yang mencapai 1,5 meter saat super Blood Moon nanti, Rabu (31/1/2018). Adanya gravitasi bulan dan matahari disebut jadi penyebabnya.

“Tinggi pasang maksimum ini akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan,” jelas Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG.

Dalam press release nya, Dwikorita juga mengatakan, selain harus waspada tingginya pasang maksimun, fenomena supermoon juga mengakibatkan surut minimum mencapai 100-110 cm yang terjadi pada 30 Januari 2018- 1 Pebruari 2018 esok. Fenomena iki akan terjadi pada beberapa pesisir, diataranya utara Jawa Timur, utara Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, utara Jakarta dan Kalimantan Barat.

Baca Juga :   KPU-Bawaslu "Nylempit" saat Sertijab Wali Kota Probolinggo

Diberitakan sebelumnya, Gerhana Bulan akan terjadi pada 31 Desember 2018. Fenomena ini merupakan fenomena langka, karena bulan berada pada konfigurasi supermoon dan bluemoon. Gerhana ini dapat dilihat di beberapa daerah, termasuk di Jawa Timur. Bahkan LAPAN Pasuruan juga akan mengadakan nobar hari ini, sekaligus melaksanakan sholat gerhana berjamaah. (may/ono)