5 Manfaat Pentingnya Tidur Siang Saat Puasa

481

Pasuruan (wartabromo.com) – Saat puasa badan akan terasa lemas karena kekurangan cairan. Apalagi jika sudah memasuki siang hari, badan mulai lelah dengan berbagai aktivitas hingga rasa kantuk pun melanda. Saat berpuasa, memang tidak ada salahnya jika tidur siang, rehat dari segala aktivitas selama sehari penuh. Bahkan, tidur siang saat puasa selain dihitung ibadah, juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah kira-kira apa saja manfaatnya bolo?

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat meningkatkan kekuatan memori manusia. Tidur siang sekitar 10-30 menit dapat meningkatkan kemampuan kognitif yakni kemampuan untuk mengembangkan kemampuan rasional (akal). Hal ini karena otak diberi waktu khusus untuk istirahat, dan saat bangun tidur, kemampuan otak segar kembali.

  1. Menenangkan Pikiran

Beberapa penelitian dalam dan luar negeri menyatakan, tidur siang tak lebih dari 90 menit mampu menenangkan saraf yang tegang. Dengan begitu, pikiran juga semakin lebih tenang dan bisa lebih jernih dalam berpikir. Bahkan dalam beberapa kasus pun, ketika orang sedang jenuh bekerja, atau saat ada permasalahan, beberapa solusi menyarankan untuk tidur. Hal ini terbukti, bisa mengembalikan kembali pikiran menjadi lebih segar saat sudah kembali terjaga.

  1. Tekanan Darah Menjadi Normal

Tidur siang memang memberikan efek yang baik untuk tekanan darah. Tekanan darah menjadi turun sebanyak 37 persen menuju normal, apalagi saat proses mengurangi stress dan menenangkan pikiran.

  1. Menambah Konsentrasi

Jika syaraf sudah tenang setelah tidur, maka konsentrasi seseorang juga dipastikan akan bertambah. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan badan yang lebih segar dan fokus. Tentunya dengan terlebih dahulu membersihkan badan pasca tidur siang.

  1. Mendapatkan Pahala

Ketika puasa, tidur merupakan sebuah ibadah, dibanding harus berkumpul sambil bergosip. Maka dari itu dianjurkan untuk tidur siang, namun tidak menggunakan alasan tidur siang untuk meninggalkan aktivitas selama bulan Ramadhan.

Tidur siang dianjurkan hanya sebentar saja, maksimal 90 menit. Karena jika terlalu lama tidur siang, juga tidak baik bagi tubuh anda. Apalagi dalam keadaan puasa, bisa jadi membuat badan semakin lemas dan berujung malas. Semoga bermanfaat bolo! (wil/may)