Sebelum Mudik, Lakukan Hal Ini Yuk!

1383

Pasuruan (wartabromo.com) – Setelah berpuasa selama 30 hari penuh di bulan Ramadhan, saatnya umat muslim merayakan hari raya Idul Fitri. Hari kemenangan ini pun tak luput dari berbagai tradisi, diantaranya pulang kampung (mudik).

Nah, sebelum mudik ke kampung halaman, jangan sampai lengah saat meninggalkan rumah. Ada beberapa tips yang baik dilakukan sebelum mudik, berikut ini :

1. Matikan Arus Listrik yang Tak Perlu
Seringkali hal buruk terjadi saat rumah ditinggal mudik pemiliknya, seperti kebakaran karena konsleting listrik. Untuk itu, alangkah baiknya untuk memutus arus listrik yang tidak diperlukan, seperti kulkas, AC, Televisi, dan beberapa lampu. Namun, perlu juga untuk menyalakan lampu supaya rumah tidak terlihat kosong, seperti lampu di teras dan beberapa tempat lain.

2. Cabut Regulator Kompor Gas
Kompor gas juga tak luput dari perhatian saat meninggalkan rumah, setelah arus listrik. Jangan lupakan untuk mencabut regulator kompor gas, karena akan lama tak terpakai saat ditinggalkan. Pastikan saat dicabut, tabung gas tidak berbau dan berbunyi. Hal ini untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan saat mudik.

3. Matikan Saluran Air di Rumah
Saluran air juga penting untuk diperhatikan sebelum meninggalkan rumah. Pastikan semua saluran air mati. Bahkan sebaiknya, kuras terlebih dahulu bak air sebelum pergi, supaya tidak tinggal jentik-jentik nyamuk di dalam bak air tersebut.

4. Amankan Barang Berharga
Sebaiknya jangan meninggalkan barang berharga seperti perhiasan, laptop, uang, dll, di dalam rumah, meski di lemari pakaian. Jika terpaksa tidak bisa dibawa, sebaiknya di amankan di tempat yang benar-benar aman dan pastikan terkunci dengan baik.

5. Pastikan Setiap Sudut Rumah Terkunci
Teliti kembali sebelum pulang, dimana sudut rumah yang belum memiliki kunci. Pastikan jendela, pintu belakang dan pintu depan rumah terkunci. Siapkan kunci khusus pula untuk gerbang rumah (jika ada), supaya rumah benar-benar aman saat ditinggal.

 

Nah itu dia beberapa tips yang mudah dan tepat sebelum mudik lebaran dan meninggalakan rumah. Semoga bermanfaat ya bolo! (may/may)