Pemkot Sukses Gelar Semipro 2018

1205

Probolinggo (wartabromo.com) – Gelaran Seminggu di Probolinggo (Semipro) 2018 sukses digelar. Ada misi khusus yang diusung Pemkot Probolinggo pada gelaran ke sepuluh ini, yakni mengorbitkan budaya lokal ke kancah internasional.

Closing Semipro 2018 oleh Wali Kota Probolinggo Rukmini dihadiri jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI, dan Polri. Tampak pula Wakil Walikota terpilih M. Soufis Sobri. Dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, Senin (3/9/2018) malam. Penutupan disemarakkan kedatangan puluhan ribu warga Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo.

Walikota Probolinggo, Rukmini Buchori mengatakan, perayaan semipro 2018 ini menjadi sangat spesial dan mengemban misi khusus. Hal ini ditandai dengan hadirnya tiga kontingen mancanegara yakni Filipina, Korea Selatan dan Malaysia pada pembukaan Semipro dan Panglima Sudirman on the Street, beberapa hari lalu.

Baca Juga :   Budaya 3 Negara Membuka Semipro 2018

“Jika sebelumnya fokus pada budaya lokal, kali ini kami mencoba mengemasnya menjadi go international. Ditandai dengan hadirnya delegasi dari tiga negara tetangga. Yakni Malaysia, Filipina dan Korea Selatan. Dengan tema Lestari Budayaku Mendunia Kreasiku menjadi ajang pertukaran budaya. Berbeda dengan tahun lalu, yang terpusat pada budaya lokal. Hal ini agar sama-sama saling mengenalkan budaya antar negara,” ujar Rukmini.

Melalui ‘cross culture’, diharapkan bisa menjadi momen penting dalam sejarah bangsa. Sebagai ajang saling mengenalkan budaya bangsa. Sehingga kebudayaan anak negeri bisa dikenal oleh dunia internasional.

Tak hanya gelaran budaya saja. Semipro 2018 juga mengusung misi untuk mencari atlet-atlet muda berbakat. Melalui cabang olahraga panjat tebing, dalam gelaran lomba speed climbing.

Baca Juga :   Budaya 3 Negara Membuka Semipro 2018

“Untuk cabang panjat tebing ini sendiri, syukur alhamdulillah Rindi Sufriyanto, salah satu atlet asal Kota Probolinggo bisa menyumbangkan emas dalam Asian Games 2018,” ujar istri mantan walikota Buchori ini.

Alunan musik dangdut menghangatkan penutupan Semipro 2018 dengan penampilan artis Anisa Bahar and Family. Pemilik Goyang Patah Patah ini, membius puluhan ribu penonton yang asyik bergoyang sehingga penutupan Semipro kian semarak. Walikota Probolinggo Rukmini pun sempat berduet dengan artis Anisa Bahar.

Sejauh ini, gelaran semipro 2018 membawa dampak signifikan bagi warga kota. Terutama untuk pergerakan ekonomi selama semipro berlangsung. Pedagang kaki lima, kuliner hingga pelaku seni budaya dapat merasakan manfaatnya. Sejalan dengan salah satu tujuan semipro, meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. (saw/**)