8 Bus Kena “Semprot” Dishub Gara-gara Tak Lengkapi Sabuk Pengaman

1247

Pasuruan (wartabromo.com) – Dishub Provinsi Jawa Timur UPT LLAJ Probolinggo menggelar Ramp Check di Terminal Untung Suropati, Kota Pasuruan, Sabtu (8/9/2018). Dalam satu jam, sebanyak 8 bus mendapatkan peringatan.

Satu persatu bus digiring petugas, masuk ke terminal Untung Suropati, yang berada di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.

Total sebanyak 11 kendaraan bus dipinggirkan dan Dishub melakukan pemeriksaan. Selang satu jam berlangsung, petugas dalam operasi yang biasa diaebud ramp check itu, mendapati setidaknya 8 bus melakukan pelanggaran.

Hampir keseluruhan bus itu, tidak melengkapi perlengkapan kendaraan khususnya sabuk keselamatan. Meski terbilang ringan, dishub tetap mencoba meyakinkan kepada pengemudi, untuk tetap memasang sabuk pengaman saat berkendara.

Baca Juga :   Polisi Tangkap Pengedar Sabu di SPBU

Kepala Satgas Terminal Untung Suropati, Yulianto menuturkan, bus yang kedapatan melakukan pelanggaran tidak dikenai sanksi tilang melainkan peringatan.

“Dari 11 Bus ini, 8 Bus di antaranya kita beri peringatan supaya mengganti sabuk keselamatanya karena tidak 3 jangkar,” terangnya.

Yulianto menambahkan, kegiatan Ramp Check akan dilakukan setiap hari demi meningkatkan keselamatan para pengguna jasa angkutan penumpang khususnya bus.

“Kegiatan Ramp Check ini akan terus di lakukan setiap hari, untuk mengecek kesiapan armada saat masuk di Terminal Untung Suropati, sehingga penumpang saat akan menggunakan moda Bus merasa aman dan nyaman terlayani,” tandasnya. (wil/ono)