Mencatat Target Prestisius Nasdem di Pemilu 2019

1406
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Jawa Timur, Ipong Muchlissoni usai acara konsolidasi partai se-Jawa Timur di sebuah hotel Kota Pasuruan, Sabtu (29/9/2018).

Pasuruan (wartabromo.com) – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ingin dapat 100 kursi DPR RI di Pemilu 2019 nanti. Ancangan itu diyakini juga mengatrol perolehan di DPRD Jawa Timur, yang ditarget mendapat 15 kursi.

Rencana pemenuhan kursi itu terungkap dalam ajang Konsolidasi Pemenangan Pemilu Partai Nasdem se-Jawa Timur, di sebuah hotel wilayah Kota Pasuruan, Sabtu (29/9/2018).

Wakil Ketua Bidang Keagamaan DPP Nasdem, Hasan Aminuddin menegaskan, pihaknya telah memutuskan dapat meraih posisi tiga besar Pemilu nanti. Hal itu, dianggap rasional, setelah sejumlah kajian dilakukan.

“Saya juga telah menyampaikan waspada untuk Caleg (calon legislatif) Incumben. Bagi (Caleg) yang baru, saya sampaikan sering bertatap muka dengan konstituen,” ujar Hasan.

Sejurus dengan Hasan, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Jawa Timur, Ipong Muchlissoni menambahkan, setidaknya 100 kursi DPR RI akan direbut. Dengan jumlah 80 daerah pemilihan (dapil) di tingkat nasional, raihan sedikitnya satu kursi tiap dapil itu, menurutnya cukup masuk akal.

“Jadi yang 20 Dapil (dari 80), ada bonus lah. minimal dapat dua kursi,” kata Ipong.

Pria yang saat ini menjabat Bupati Ponorogo periode 2016-2021 itu menjelaskan, bila perolehan kursi di Dapil yang disebut “ladang bonus” ini dimungkinkan, seperti raihan di Dapil 2 untuk DPR RI pada Pemilu sebelumnya yang nyaris mendapatkan dua kursi.

“Seperti Dapil 2, target 2 kursi. Kira-kira (kalau mengacu Pemilu lalu) tambah 50 ribuan, jadi dapat dua kursi. Seperti saya sendiri ada di Dapil 7,” imbuhnya.

Ancangan yang bisa dibilang prestisius itu, kemudian diyakini dapat memacu perolehan kursi dewan di daerah. Ipong pun mengatakan, Jawa Timur ditargetkan dapat meraih 15 kursi dari 7 kursi yang diduduki saat ini.

Optimisme itu kemudian diungkapkan, selain dorongan targetan kursi DPR RI, calon yang bertarung mengendarai Nasdem di Jawa Timur, umumnya memiliki nilai ketokohan dengan elektabilitas mumpuni.

“Dari 11 Dapil di Jatim, 4 Dapil (Pemilu sebelumnya) diantaranya, kosong. Tapi kita punya tokoh-tokoh yang berpeluang mendapatkan kursi. Seperti Dapil 9 (Bojonegoro dan Tuban), ada Kang Nyoto, mantan Bupati Bojonegoro dua periode,” tandas Ipong.

Menyoal keinginan capaian kursi legislatif di level Kabupaten/Kota, rata-rata 2 kali lipat dari kursi saat ini. Seperti Kabupaten Pasuruan, tetapkan target 12 kursi dari 6 kursi.

Bahkan, harapan tinggi disampirkan pada pengurus Nasdem Kota Pasuruan, yang harus mendapat 4 hingga 6 kursi di Pemilu 2019, meski saat ini Nasdem tercatat mendudukkan dua wakilnya di DPRD Kota Pasuruan.

“Target 6 kursi di DPRD Kota Pasuruan,” ungkap Hasjim Ashari, Ketua Nasdem Kota Pasuruan. (ono/ono)