Ngebor Sumur, Warga Bangil ini Malah “Temukan” Gas

2400
Api muncul dari permukaan bekas pengeboran sumur air, di depan rumah Abuwang di Masanya, Bangil.

Bangil (wartabromo.com) – Warga di Desa Masangan, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan dikagetkan dengan keberadaan sumur bor milik seorang warga. Pasalnya, sumur bor diduga mengeluarkan gas dan terbakar saat tersulut api.

Sumur bor tersebut terbilang baru dibor oleh Abuwang (36) warga Dusun Blawi RT 10 RW 3, Desa Masangan, Kecamatan Bangil.

Abuwang menjelaskan, sengaja mengebor sumur, lantaran sumur bor lama miliknya, sudah tidak mengeluarkan air. Iapun mencoba mengebor sumur tepat di depan rumahnya pada Jumat (09/10/2018). Harapannya, tentu saja mendapatkan air yang akan digunakannya, untuk kebutuhan sehari-hari.

Abuwang bersama seorang warga melihat api muncul di permukaan tanah, bekas pengeboran sumur, Minggu (11/11/2018).

“Tapi, setelah dibor hingga kedalaman 20 meter, airnya tak kunjung keluar,” jelas Abuwang, Minggu (11/10/2018).

Merasa tidak berhasil, pipa yang sudah tertanam saat pengeboran langsung dicabut. Hanya saja, dari bekas pengeboran itu, tanpa disangka tercium bau gas. Penasaran, ia menyulutnya dengan api hingga kemudian terbakar.

“Malah muncul bau gas. Sehingga, pengeboran terpaksa saya hentikan. Setelah saya kasih api malah menyala,” tandasnya.

Abuwang sudah melaporkan peristiwa ini ke pihak desa maupun pihak terkait lain. Namun, sampai saat ini belum ada yang datang, meski hanya untuk mengecek kebenaran adanya gas di depan rumahnya itu.

Menghindari kemungkinan buruk terjadi, ia memutuskan menutup permukaan lubang pengoboran tersebut dengan penutup paralon berukuran 3”.

“Agar gas yang keluar dari pipa itu tidak dibuat mainan oleh anak-anak,” pungkasnya. (sbi/ono)