Waspada, BMKG Prakirakan Hujan Lebat Masih Terjadi

1327

Pasuruan (wartabromo.com) – Air sungai meluap saat hujan lebat membuat sejumlah wilayah di Kabupaten/Kota Pasuruan banjir. Cuaca ekstrem, berupa hujan diperkirakan masih terjadi, sehingga berpotensi banjir di pemukiman warga, tak segera surut.

Tercatat, 6 kecamatan di Kabupaten Pasuruan terendam banjir, sejak Jumat sore kemarin. Daerah terdampak itu, diantaranya berada di Kecamatan Gempol, Rejoso, Winongan, Grati, Nguling dan Gondang Wetan.

Beberapa daerah di 6 kecamatan, hingga Sabtu (19/1/2019) siang dilaporkan mulai surut.

Namun, catatan BPBD Kabupaten Pasuruan, wilayah Kecamatan Rejoso, tepatnya di Desa Kawisrejo dan Sadengerejo, masih banjir dengan ketinggian beragam hingga mencapai 60-80 sentimeter.

Beberapa sungai yang melintas di wilayah Kabupaten Pasuruan, tak mampu manampung curah hujan, membuat air meluap dan membanjiri pemukiman hingga persawahan.

Baca Juga :   Ada Tahanan Kabur di Malang, Polres Pasuruan Periksa Tahanannya

Hal sama juga terjadi di wilayah Kota Pasuruan. Sejak Jumat sore, air terpantau merendam pemukiman, di tengah Kota, salah satunya di daerah Jl Diponegoro dan Kelurahan Krampyangan. Bahkan, dinihari tadi, tanggul sungai di Kelurahan Kepel jebol dan membuat pemukiman banjir. Bukan itu saja, luapan air sungai yang keluar dari tanggul jebol, juga mengakibatkan persawahan terendam banjir.

Banjir untuk beberapa waktu sepertinya bakal terus tertahan, terjadi di sejumlah daerah yang dicatat sebelumnya. Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan juga masih terus terjadi.

Potensi banjir hari ini, merujuk pada rilis BMKG, yang secara umum memprakirakan cuaca wilayah Jawa Timur, salah satunya menyebutkan hujan hujan ringan hingga lebat bakal terjadi pada siang maupun sore hari ini. Hujan tetap mengguyur pada malam hari, meski dalam intensitas cenderung turun.

Baca Juga :   Warga Terdampak Pencemaran Sungai Wangi: Kami Dijajah Limbah!

Peringatan dini kemudian disampaikan, kepada warga untuk waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada Siang, Sore atau malam hari.

Selain Kabupaten Pasuruan, kondisi itu bisa terjadi di wilayah Kab/Kota Mojokerto, P. Bawean, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kab. Madiun, Kab/Kota Kediri, Kab Probolinggo, Situbondo, Bondowoso, Nganjuk, Kab/Kota Malang, dan Lumajang. (ono/ono)