16.405 Kotak Suara di Lumajang Mulai Dirakit KPU

0
212
Proses Perakitan Kotak Suara di KPU Lumajang. (Foto: Website KPU Lumajang).

Lumajang (wartabromo.com) – Sebanyak 16.405 kotak suara mulai dirakit KPU Kabupaten Lumajang. Perakitan ini ditargetkan selesai dalam minggu ini.

Ketua KPU Lumajang, Siti Mudawiyah mengatakan, pihaknya mengerahkan 15 pekerja untuk merakit puluhan ribu kotak suara ini.

“Dalam satu jam saja pekerja bisa merakit 150 an kotak sehingga dengan mengerahkan 12 pekerja dan sebagian tenaga pendukung KPU bisa selesai tak sampai seminggu,” terangnya di situs resmi KPU Lumajang.

Hingga saat ini, sekira 3.325 kotak suara yang terdiri dari 3.281 kotak suara DPR RI, dan 44 kotak suara pilpres sudah rampung. Mulanya, pekerja merakit karton menjadi kotak suara, lalu setelahnya menempelkan stiker untuk kotak DPR-RI, DPRD provinsi, DPRD Lumajang, DPD, hingga Presiden dan Wakil Presiden.

“Perakitan kotak suara diperkirakan akan selesai kurang lebih seminggu ke depan. Kotak suara harus selesai sebelum surat suara dikirim ke KPU Lumajang awal bulan Maret depan,” tambahnya.

Nantinya, setelah dirakit di Gudang Logistik KPU Lumajang di Jalan Amanda, kotak suara didistribusikan ke 3.281 TPS seluruh Kabupaten Lumajang, melalui PPK dan PPS. Dalam kotak suara tersebut juga dilengkapi dengan peralatan pemungutan dan penghitungan suara. (may/ono)