Kepala Dinas Terjun di Kenduren Mas Gempol, KTP dan KK Langsung Jadi

1879
Kadis dukcapil, Yudha Triwidya Sosongko menyerahan KTP-El yang langsung jadi di tempat kepada warga di acara Kenduren Mas Kecamatan Gempol, Rabu (27/2/2019)

Pasuruan (wartabromo.com) – Program Kenduren Mas Pemkab Pasuruan saat ini berada di Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan.  Kendaraan pelayanan dari 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini melakukan jemput bola untuk melayani warga terutama yang di wilayah Gempol dan sekitarnya.

Salah satu pelayanan yang ada di Kenduren Mas yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Kadiscapilduk yang baru dilantik, Yudha Triwidya Sosongko terjun langsung untuk melayani masyarakat yang sedang membutuhkan pelayanan data kependudukan seperti KTP-el dan Kartu Keluarga (KK).

Berdasarkan pantauan wartabromo.com, para pemohon KTP dan KK yang langsung datang di program Kendaraan Urun Rembug Masyarakat (Kenduren Mas) mendapatkan pelayanan istimewa. Hal ini dibuktikan dengan proses pembuataan KTP dan KK yang langsung jadi di tempat.

“Langsung Jadi. KTP dan KK langsung diterima,” kata Yudha yang terjun langsung di lokasi.

Menurutnya, program pemerintah Kabupaten Pasuruan tersebut merupakan salah satu upaya untuk melakukan percepatan pelayanan bagi masyarakat di lokasi pelaksanaan Kenduren Mas.

“Ini semua yang sudah terekam data di Kecamatan masing – masing kita proses. “ lanjutnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan , Irsyad Yusuf mengatakan, inovasi ini tujuannya mempermudah warga Pasuruan. Program ini melibatkan seluruh elemen selain dari OPD, yakni dari Camat hingga Kades untuk menginfokan kepada warganya.

“Istilah singkatnya adalah memotong alur yang terlalu panjang ketika masyarakat ingin mengurus sesuatu ke kantor pelayanan dan kebetulan jarak rumah dengan kantor tersebut sangat jauh.” ujarnya.

Kenduren Mas rencananya akan berkeliling seminggu sekali ke 24 Kecamatan setelah diawali dari Purwosari, Gempol selanjutnya rencananya pada tanggal 13 Maret di Kecamatan Pasrepan.

Untuk diketahui di Kecamatan Gempol, banyak stan maupun kendaraan pelayanan diserbu warga. Pelayanan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan pelayanan Dinas Sosial yang berkaitan dengan informasi PKH (Program Keluarga Harapan), Rastra (Beras sejahtera) atau BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) paling banyak dikunjungi warga. (yog/yog)