Utamakan Preventif, Polres Pasuruan Kerahkan 568 Personel Amankan Pemilu 2019

560
Seorang perusuh ditangkap dalam simulasi pengamanan Pemilu 2019 oleh Polres Pasuruan Kota, Jumat (22/3/2019).

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemilu 2019 bakal dilaksanakan 26 hari lagi. Polres Pasuruan menyiapkan 568 personel untuk pengamanan, selain upayakan tindakan preventif.

Ratusan polisi bertugas di wilayah hukum Polres Pasuruan itu bakal disebarkan, mulai dari TPS hingga titik vital seperti gedung pemerintahan maupun kantor penyelenggara pemilu.

Tak hanya polisi, 2 kompi TNI, berikut Satpol PP, Satpam, Linmas bahkan masyarakat juga diperbantukan, terutama menjaga keamanan setiap Tempat Pemilihan Suara (TPS).

Ditegaskan kemudian, Polisi memiliki tata cara atau prosedur dan ketetapan, soal pengamanan. Titik-titik rawan terjadinya konflik pun sudah menjadi fokus perhatian.

Upaya preventif, disebut juga telah dilakukan. Hal itu justru menjadi utama, sehingga komunikasi telah dijalin dengan berbagai lapisan masyarakat mulai dari tokoh agama/masyarakat, hingga instansi pemerintahan, selain para partisipan Pemilu.

“Seluruh komponen masyarakat kita libatkan,” ujar AKBP Rizal Martomo, Kapolres Pasuruan, Jumat (22/3/2019).

Sementara itu, Polres Pasuruan Kota, juga menurunkan personelnya. Rencananya, ada 375 polisi dan 50 anggota TNI bakal turun dalam pengamanan Pesta Demokrasi 17 April 2019 mendatang. (bel/ono)