Salah Tulis Plano, TPS 01 Pilang Lambat Penghitungan Suara

729

Probolinggo (Wartabromo.com) – TPS 01 Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo masih melakukan proses perhitungan suara sampai Kamis pagi. Keterlambatan ini terjadi karena ada beberapa insiden saat pemungutan suara.

Berdasarkan pantauan wartabromo.com, pada Kamis (18/4/2019), sampai pukul 09.00 TPS tersebut masih melakukan proses perhitungan suara. Yakni memeriksa surat suara yang sudah dicoblos dan memasukkan dalam amplop untuk diteruskan ke PPK Kecamatan Kademangan.

Ketua KPPS Teguh Wibowo mengatakan, lambatnya TPS 01 disebabkan beberapa faktor. Diantaranya ada pemilih yang memasukkan surat suara dikotak yang salah sehingga harus dibuka dan dicari. Selain itu, saat penghitungan suara, penulisan plano yang harusnya DPRD Provinsi, keliru menjadi DPR RI. Bahkan kejadian ini berlangsung sampai akhir.

“Ya tadi malam sampai salah tempat ketika penghitungan DPR RI . Saksi termasuk pengawas sama-sama tidak tahu. Kami pun mengaku mungkin karena kelelahan,” kata Teguh.

“Karena kesalahan itu sehingga TPS kami agak terlambat sampai jam 9 pagi,” tandasnya.

TPS 01 terbilang cukup lambat dibandingkan TPS lain yang sudah rampung. Sekedar diketahui, ada sekira 307 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada pada TPS ini. (fng/may)