Stok Daging Sapi hingga Ayam di Lumajang Diklaim Aman Hingga Lebaran

1344

Lumajang (Wartabromo.com) – Persedian daging di sejumlah Pasar di Lumajang diklaim aman. Harga daging di pedagang pun terpantau stabil hingga saat ini.

Hal tersebut disampaikan oleh drh. Rofi’ah, Kepala Bidang Pertenakan, Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang saat melakukan pemantauan di Pasar. Ada 3 daging hewan yang dipantau jelang Lebaran. Yakni daging sapi, kambing dan ayam.

“Dari hasil pemeriksaan secara umum, daging sapi, kambing dan ayam kondisi normal, Ph normal 5-6. Secara umum kondisi baik,” ujarnya, Rabu (29/5/2019).

Pemeriksaan ini dilakukan serentak di 4 Puskeswan di Kabupaten Lumajang. Yakni Puskeswan Kunir, Pasirian, Klakah, dan Senduro.

“Dari awal Ramadhan sudah 4 kali pemeriksaan. Hari ini terakhir,” lanjutnya.

Baca Juga :   Pemilik e-Warung di Desa Sawaran Kulon Diduga "Nakal", Warga Lapor Bupati

Selain melakukan pengecekan daging, petugas juga memantau harga daging di pasaran. Pemantauan ini dilakukan karena jelang Idul Fitri, banyak orang membeli daging selain untuk hantaran ke tetangga, juga jamuan Lebaran.

“Stok untuk daging Lumajang mencukupi, bahkan Lumajang masih bisa kirim sampai luar kota,” lanjutnya.

Sekedar diketahui, untuk harga daging sapi, penjual rata-rata mematok harga Rp 110 – 120 ribu. Daging kambing pun harganya sama, yakni Rp 110 – 120 ribu per kilogramnya. Sementara untuk daging ayam, harganya bekisar antara Rp 35-40ribu per kilogram. (may/ono)