Selamat dari Peristiwa Kebakaran, 8 Pendaki Arjuno sudah Berada di Pos Pendakian

1298

Pasuruan (wartabromo.com) – Hutan di sejumlah titik kawasan Gunung Arjuno terbakar. Delapan pendaki yang sempat berada di puncak saat kebakaran dipastikan selamat dan sudah berkumpul di pos pendakian.

Kepastian itu disampaikan oleh Polisi Kehutanan, Hadi Choirul kepada WartaBromo.com via media perpesanan, Senin (29/7/2019).

Menurutnya, delapan pendaki yang sebelumnya masih berada di puncak saat Gunung Arjuno terbakar, itu sempat mengalami kendala komunikasi. Itulah, untuk beberapa waktu ia tak bisa memberikan kepastian terkait keberadaan para survivor.

Namun, setelah sekian lama, ia mendapat laporan, jika kedelapan pendaki terbagi dalam dua kelompok, masing-masing terdiri dari lima pendaki dan satu lainnya berjumlah tiga orang.

Nah, sekitar pukul 18.00 WIB, Choirul dapat memastikan kedua kelompok pendaki ini selamat dan sudah berada di pos pendakian. Kelompok berjumlah lima orang turun di pos Cangar, Batu, sementara satu kelompok lain sudah berada di Pos pendakian Tretes, Prigen.

Baca Juga :   Api di Arjuno-Ringgit Meluas, Relawan Kewalahan

“5 turun Cangar. 3 orang turun Tretes,” terangnya.

Baca: Arjuno Terbakar, Jalur Pendakian Purwodadi Sementara Ditutup

Saat ini, Choirul masih tetap memantau perkembangan peristiwa kebakaran yang diketahui terjadi sejak hari Minggu kemarin itu. Awal kebakaran diketahui di Lereng Batu dan dipastikan telah padam. Upaya evakuasi pun dilakukan, meski amukan api di wilayah Batu sudah tak terjadi.

Namun, kebakaran kembali terjadi. Kali ini berada di wilayah Dlundung, Trawas, Mojokerto. Kekhawatiran muncul, karena lokasi ini termasuk perbatasan dengan wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. (ono/ono)