Ada Gapura Cheng Ho di Mapolres Pasuruan Spesial HUT RI

589

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kemerdekaan Indonesia rupanya membuat Polres Pasuruan tampil beda. Warga yang datang ke Mapolres Pasuruan bakal disambut dengan Gapura seperti Masjid Chengho dan dilayani petugas mengenakan pakaian daerah.

Mapolres Pasuruan memiliki cara khusus untuk menyambut Kemerdekaan ke-74 RI. Petugas membuat Gapura dengan dominasi warna merah putih di pintu masuk Mapolres. Gapura itu sekilas mirip dengan Masjid Cheng Ho, salah satu icon Pasuruan yang berada di Pandaan.

Tak berhenti sampai di situ, warga yang datang juga disambut oleh petugas yang mengenakan baju adat. Mulai dari adat Bali, Jawa Timuran hingga Jogja. Andi, warga yang sedang mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) mengaku kaget dengan sambutan kemerdekaan ini.

“Bagus ini sambutannya. Ya kaget juga barusan dengan perayaan kemerdekaan ini,” ujarnya.

Warga kemudian diberi bendera merah putih oleh petugas yang berjaga. Termasuk Kapolres Pasuruan, AKBP Rizal Martomo yang turut memberikan bendera merah putih versi mini.

“Kami membangun Gapura, kami ingin menampilkan tradisi Kabupaten Pasuruan yang terkenal dengan Masjid Cheng ho nya. Tujuannya untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia,” tegas Rizal.

Gapura ini akan terus terpasang selama peringatan HUT RI. Termasuk petugas yang masih akan menggunakan kebaya dan lurik untuk menyambut warga. (may/ono)