Warga “Geruduk” Kenduren Mas di Kejayan

570

Kejayan (wartabromo.com) – Kendaraan Urun Rembug Masyarakat (Kenduren Mas) kembali keliling di berbagai wilayah Kabupaten Pasuruan. Hari ini, giliran warga Kejayan yang mendapatkan kesempatan disambangi Kenduren Mas.

Meskipun sedikit terlambat dari jadwal biasanya, tak menghalangi ribuan warga Kejayan untuk datang menuju lapangan Pacar Keling. Mereka antre sejak pagi demi mendapat berbagai pelayanan yang disediakan masing-masing OPD Pemkab Pasuruan.

“Mulai pagi warga sudah tampak antusias menunggu. Tentunya kami berharap sering mengadakan kegiatan seperti ini agar jangkauan ke masyarakat semakin efektif,” ungkap Suhartono, Plt Camat Kejayan saat mendampingi warganya mengurus berbagai keperluannya di Kenduren Mas, Rabu (18/9/2019).

Seperti biasa, berbagai pelayanan mulai dari pengurusan dokumen kependudukan, pengajuan bantuan sosial hingga pelayanan kesehatan diberikan secara gratis dan jemput bola langsung kepada masyarakat.

Menurut pantauan di Lapangan, mayoritas warga datang ke Kenduren Mas untuk mengurus dokumen kependudukan seperti E-KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan lainnya. Hal ini terlihat dengan penuhnya stand Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Pasuruan.

Sementara itu, Sunaryo, Warga Desa Kedemungan, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan sengaja datang ke Kenduren Mas untuk mengurus E-KTP. Ia sudah mengantre sejak pagi namun terpaksa harus menunggu lebih lama lantaran persyaratan dokumen miliknya kurang lengkap.

Meski begitu, Sunaryo tetap bersyukur dengan kemudahan pelayanan ini.

“Sarannya kelengkapan administrasi saat akan mengurus dokumen harus diperjelas lagi, kalau bisa ada sosialisasi dari desa sebelumnya, agar lebih cepat pengurusannya tidak bolak-balik lagi,” ujar Sunaryo. (ptr/**)