Ribuan Santri Probolinggo Gelar Salat Minta Hujan

882

Probolinggo (wartabromo.com) – Kemarau berkepanjangan di Indonesia membuat sejumlah kalangan prihatin. Di Kabupaten Probolinggo, ribuan santri menggelar salat minta air hujan (Istisqa’) pada Selasa, 15 Oktober 2019.

Salat Istisqa’ tersebut ditunaikan oleh ribuan santri Ponpes Zainul Hasan (Zaha) Genggong, Kecamatan Pajarakan di lapangan P5. Dipimpin oleh Ketua Yayasan Pesantren Zainul Hasan Genggong, KH. Mohammad Hasan Mutawakkil Alallah. Salat itu, diawali dengan salat duha.

“Salat ini merupakan cara untuk meminta kepada Allah diturunkan hujan. Karena dalam beberapa bulan ini, wilayah Kabupaten Probolinggo dan seluruh Indonesia. Juga terjadi di lingkungan pesantren yang mengalami kekeringan,” kata KH. Hassan Ahsan Malik, salah satu pengasuh Ponpes Zainul Hasan.

Pria yang akrab dipanggil Nun Alex itu, mengatakan bahwa salat Istisqa’ salah satu cara para santri mengurangi kekeringan. Kaum sarungan berharap salat dan doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dengan cara menurunkan hujan yang membawa berkah bagi penduduk bumi.

“Mari kita bersama-sama tuk memohon kepada Allah, agar Allah menurunkan hujan, tentunya ini kebutuhan kita bersama dan juga berharap kemarau yang berkepanjangan kali ini bisa cepat usai dan masyarakat makmur kembali,” ujar putra dari KH. Moh Hasan Saiful Islam itu. (cho/saw)