Ada Tambahan 5 Spayer untuk Kebakaran Arjuno

387
BERJIBAKU: Relawan berupaya memadamkan api dengan menggunakan spayer dari donatur.

Pasuruan (WartaBromo.com)- Kebakaran yang terus melanda kawasan hutan di pegunungan Arjuno-Welirang membuat manajemen The Taman Dayu prihatin. Melalui WartaBromo, pengembang perumahan ini pun ikut memberikan bantuan peralatan guna diserahkan kepada relawan.

General Manajer The Taman Dayu, Dody Purwanto mengungkapkan, kebakaran yang melanda kawasan hutan Arjuno-Welirang sepanjang musim kemarau ini membuatnya ikut prihatin. Ia khawatir, peristiwa itu akan berdampak pada melemahnya sistem hidrologi setempat.

“Tentu, kami ikut prihatin. Kebakaran terus menerus sampai sekarang. Yang kami khawatirkan, tanaman disana pasti banyak yang rusak atau hangus. Dan itu pasti akan berpengaruh terhadap kemampuan untuk menyimpan air,” katanya.

Karena itu, dalam kesempatan kemarin, Dody pun menyampaikan apresiasinya kepada para relawan yang telah bersusah payah memadamkan api. Tak hanya itu. Pihaknya juga memberikan bantuan berupa peralatan semprot (spayer) untuk diberikan kepada relawan Satu Daun.

“Semoga ini bisa bermanfaat untuk membantu upaya teman-teman untuk membantu memadamkan api,” lanjut Dody.

Di sisi lain, dengan lima spayer bantuan dari Taman Dayu, itu berarti total ada 14 unit spayer yang disumbangkan pembaca WartaBromo kepada Yayasan Satu Daun, salah satu kelompok relawan pemadam kebakaran Arjuno. Jumlah tersebut berasal dari WeDo Community (3 unit), CV Grace Jaya (4 unit), Taman Dayu (5 unit) serta dua lainnya dari perseorangan.

Diono Yusuf, ketua Satu Daun mengatakan, beberapa tangki yang didonasikan akan tetap terpakai kendatipun kebakaran telah usai. “Tetap bisa dimanfaatkan. Terutama, untuk penyemprotan hama atau penyiraman saat proses reboisasi nanti. Kebetulan, tiap tahun kami ada program penanaman di daerah atas,” terang Dion. (asd/asd)