Ini 7 Pesan “Cinta” Jokowi pada Menteri Baru

562

Jakarta (WartaBromo.com) – Presiden Joko Widodo mengumumkan jajaran menteri dan pejabat setara menteri di kabinetnya, Rabu (23/10/2019). Ia kemudian memberikan 7 pesan kepada kabinet baru ini.

Bersama 38 pejabatnya, Jokowi-Ma’ruf Amin duduk bersila di depan Istana Kepresidenan. Orang nomor 1 di Indonesia ini kemudian mengenalkan satu per satu menteri dalam kabinet kerjanya.

“Fokus kepada pengembangan sumber daya manusia, pada penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan usaha kecil, usaha mikro, usaha menengah,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kemudian memberikan pesan kepada para menteri sebelum bekerja. Setidaknya ada 7 point yang disampaikan oleh Presiden Indonesia ini.

“Jangan korupsi. Harus bisa menciptakan sistem yang menutup celah untu korupsi,” tegas Jokowi.

Presiden dengan tegas juga mengungkap jika tidak ada visi misi Menteri. Presiden dan wakil presiden lah yang ada visi misinya.

“Harus kerja cepat, kerja keras dan kerja produktif,” lanjut Jokowi.

Menteri juga tidak boleh terjebak dengan rutinitas yang monoton. Mereka harus bekerja dengan orientasi hasil lapangan.

Sementara terkait persoalan di lapangan, para pejabat ini diharuskan untuk mencari tahu langsung permasalahannya. Selain itu, mereka dituntut untuk menemukan solusi permasalahan tersebut.

“Semua harus serius dalam bekerja, yang gak serius, hati-hati, bisa saya copot di tengah jalan,” pungkasnya. (may/ono)